Unsur-unsur Teknik Vokal

Dalam Seni Musik terdapat 2 (dua) unsur yaitu : Vocal dan Instrument.
Vocal adalah alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia.
Instrument adalah nada-nada yang keluar dari alat musik yang digunakan.

TEKNIK VOCAL adalah : Cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.

UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :

  1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan, adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
    Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
    – Pernafasan Dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
    – Pernafasan Perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
    – Pernafasan Diafragma : adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  3. Phrasering, adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  4. Sikap Badan, adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  5. Resonansi, adalah  usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  6. Vibrato, adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  7. Improvisasi, adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  8. Intonasi, adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
    Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
    a. Pendengaran yang baik
    b. Kontrol pernafasan
    c. Rasa musical.

Nada, adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
Sifat nada ada 4 yaitu :
a. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
b. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
c. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
d. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.

AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.

CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.

DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.

STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.

SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :

Suara Wanita Dewasa ;
a. Sopran (suara tinggi wanita)
b. Messo Sopran (suara sedang wanita)
c. Alto (suara rendah wanita)

Suara Pria Dewasa :
a. Tenor (suara tinggi pria)
b. Bariton (suara sedang pria)
c. Bas (suara rendah pria)

Suara Anak-anak :
a. Tinggi
b. Rendah.

TANGGA NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai susunan tinggi nada yang teratur.

Tangga Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).

Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor :
– Bersifat riang gembira
– Bersemangat
– Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
– Mempunyai pola interval : 1 , 1 ,. ½, 1 , 1 , 1, ½
Contoh Lagu yang bertangga nada Mayor :
Maju Tak Gentar, Indonesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, Mars Pelajar.

Ciri-ciri Tangga nada Diatonis Minor :
– Kurang bersemangat.
– Bersifat sedih
– Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
– Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1 .
Catatan : Teori ini kurang sesuai dengan musik Dangdut yang banyak berkembang di Indonesia.
Contoh Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga.

TANGGA NADA KROMATIS adalah tangga nada yang mempunyai jarak antar nadanya hanya ½ . Contoh : C – Cis – D – Dis- E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B

TANGGA NADA ENHARMNONIS adalah rangkaian tangga nada yang mempunyai nama dan letak yang berbeda, tetapi mempunyai tinggi nada yang sama.
Contoh : Nada Ais-Bes, Cis-Des, Gis-As, Dis-Es, Fis-Ges.

APRESIASI yaitu Totalitas kegiatan yang meliputi penglihatan, pengamatan, penilaian, dan penghargaan terhadap suatu karya seni.

BIRAMA adalah ketukan tetap yang berulang-ulang pada sebuah lagu.
Contoh birama : 2/4 , 3/4 , 4/4 , 6/8

PADUAN SUARA adalah Penyajian musik vocal yang terdiri dri 15 orang atau lebih yang memadukan berbagai warna suara menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat menampakan jiwa lagu yang dibawakan.

JENIS-JENIS PADUAN SUARA :

  1. Paduan Suara UNISONO yaitu Paduan suara dengan menggunakan satu suara.
  2. Paduan Suara 2 suara sejenis, yaitu paduan suara yang menggunakan 2 suara manusia yang sejenis, contoh : Suara sejenis Wanita, Suara sejenis Pria, Suara sejenis anak-anak.
  3. Paduan Suara 3 sejenis S – S – A, yaitu paduan suara sejenis dengan menggunakan suara Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
  4. Paduan Suara 3 suara Campuran S – A – B, yaitu paduan suara yang menggiunakan 3 suara campuran , contoh : Sopran, Alto Bass.
  5. Paduan suara 3 sejenis T- T – B, yaitu paduan suara 3 suara sejenis pria dengan suara Tenor 1, Tenor 2, Bass.
  6. Paduan Suara 4 suara Campuran, yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran pria dan wanita, dengan suara S – A – T – B. Sopran, Alto, Tenor, Bass.

DIRIGEN / CONDUCTOR adalah orang yang memimpin Paduan Suara.

Syarat-syarat seorang Dirigen/ Conductor yang baik :
a. memiliki sifat kepemimpinan
b. memiliki ketahanan jasmani yang tangguh
c. sebaiknya sehat jasmani dan rohani
d. simpatik
f. menguasai cara latihan yang efektif
g. memiliki daya imajinasi yang baik
h. memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain musik.

TANDA DINAMIK adalah tanda utuk menyatakan keras, lembutnya sebuah lagu yang dinyanyikan. Contoh-contoh Tanda Dinamik :

1. f : forte = keras
2. ff : fortissimo = sangat keras
3. fff : fortissimo assai = sekeras mungkin
4. mf : mezzo forte = setemgah keras
5. fp : forte piano = mulai dengan keras dan diikuti lembut
6. p : piano = lembut
7. pp : pianissimo = sangat lembut
8. ppp : pianissimo possibile = selembut mungkin
9. mp : mezzo piano = setengah lembut

PERUBAHAN TANDA DINAMIKA :

- Diminuendo (dim) : melembut
– Perdendosi : melembut sampai hilang
– Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang
– Calando : mengurangi keras
– Poco a poco : sedikit demi sedikit / lambat laun
– Cresscendo : berangsur-angsur keras
– Decrsescendo : berangsur-angsur lembut

TANDA TEMPO adalah tanda yang diguakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan.
A.TANDA TEMPO CEPAT
1. Allegro : cepat
2. Allegratto : agak cepat
3. Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto : cepat sekali
5. Presstissimo : secepat-cepatnya
6. Vivase : cepat dan girang

B. TANDA TEMPO SEDANG
1. Moderato : sedang
2. Allegro moderato : cepatnya sedang
3. Andante : perlahan-lahan
4. Andantino : kurang cepat

C. TANDA TEMPO LAMBAT
1. Largo : lambat
2. Largissimo : lebih lambat
3. Largeto : agak lambat
4. Adagio : sangat lambat penuh perasaan
5. Grave : sangat lambat sedih
6. Lento : sangat lambat berhubung-hubungan.

PERMATA / CORONA adalah tanda untuk menambah hitungan menurut selera.

Moga berguna.

(disadur dengan sedikit suntingan dari http://cepspenza.blogspot.com/)

About these ads

42 responses to “Unsur-unsur Teknik Vokal

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/musik/unsur_unsur_teknik_vokal/

  2. mohon gambar wajah yang sedang berlatih olah vocal baik image atau video.
    makasih ya..

    # maaf bos.. gak punya..

  3. Salam..
    Terima kasih artikelnya

    # sama-sama mas.. tapi mungkin lebih tepat ke penulisnya ya :)

  4. Salam kenal. Mohon ijin agar artikel ini bisa saya tampilin di blog saya ya? Info-nya menarik. good job

    # sewaktu copy paste artikel ini, saya disarankan agar berterimakasih kepada sumber aslinya mas.. jadi saya juga menyarankan hal yang sama. memang artikel yang bagus.

  5. thanks kalo begitu saya taut sumber aslinya saja ya. Makasih sekaleee

  6. bgUs y..
    nH mnYangkut dnGan pnDdikan d IndoNesIa JuGa…….
    gW sUka nh..
    menaRik…

    # ini artikel copas .. terimaksih sama yang bikin ya..

  7. terlalu umum,,mohon yang lebih spesifik lagi bg

  8. Saya juga ada beberapa artikel buat olah vocal,,
    terima kasih telah berbagi.

    Rgds,
    http://vocalexercises.blogspot.com/

  9. Blog yang bagus,,,,, bisa bantu saya???? saya ingin sekali belajarivokal, ingin tau bagaimana cara saya bisa mengolah suara saya agar menjadi bagus dan bener-bener bisa menjadi seorang penyanyi profesional… dari mulai dasar sampai yang benar2benar mahir,,, tolong bantu saya,,,,,, terima kasih sebelumya.. ^_^

  10. Ini,yang kami cari..buat ningkatkan kualitas bagi peserta / anggota dalam Paduan Suara, terimakasih para blogger yang telah membagi wawasannya.

  11. wanitatakberselera

    ikutan ahh mana tau gratis belajarnya.. bagusss banggeettt ,, aku mau belajar lebih lagi ahh ,makasi banyak yooo

  12. wah, keren pisan

    saya copas boleh ga,pak?

    Salam Musik
    ANTONI PASARIBU
    http://www.solfegio.wordpress.com

  13. thanks mas bisa bwt blajar ney]

  14. mohon diperjelas mengenai teknik artikulasi. terima kasih

    # artikel ini copy paste mbak. silakan masuk ke situs aslinya. saya sejago itu.

  15. seneng banget membaca artikel ini,menarik buangetttttttttttttttttttttttttt………….

  16. wuzzzzz…seneng banget bs nemu ne bacaan…tertolong banget dah..thx aLot yah buat penulisnya.
    klo bs ada gambar anatomi ato prakteknya dunk..hehehehehehee

  17. Assalamualaikum, makasih informasinya sangat bgs

  18. aku mau tanya,?? makanan apa c yang baik dimakan untuk seorang vocal,??? dan trik2 apa aja agar supaya suara lebih maksimal,, trus klo nyanyi gampang cape itu kenapa ya,??? ada masaalah dimana ya,??? tolong jawab ya.??? thx

  19. gimana caranya merawat suara???

  20. Menarik dan menambah wawasan. Thank’s

  21. thks yah,,,,,,,,
    tambahan info,,,,he,,,

  22. terima kasih Mas, saya ikut ngunduh artikelnya.

  23. gimana cara mendapatkan suara yang bagus??
    atau olah raga apa yg bisa berpengaruh untuk olah vokal suara

  24. sebenarnya aq ini ska menyanyi tiap hari aq mesti nyannyi pkkx klu aq pngn nyanyi hajar nyanyi trs ampe aq bosan,tp klu aq leh ju2r aq pngn jdi penyanyi yang bagus dan benar,tp gmn crx ?mau ikt les nyanyi g pny uang jd jd aq trs brsh pkkx aq trs brsha gmn aq bs nynyi yang baek dan benar sampe2 klu aq lht indosia idol aq g merhatiin penyanyinya tp aq merhatiin jurix yang ngsh komentar,yg ngsh masukkan trhdp audienx lha dari itulah aq merhatiin apa yang dktakann pra jurix trs aq mempratekannya byrpn aq g bsa 100% tpkn aq udah brsha semaksimal mngkn,jd aq mo tnya gmna seh crx menyanyi yng baek dan benar dan gmn crx mengetahui typekal suaraq

  25. wihhh… keren artikelnya ngebantu banget… sneng deh… thanks yahh buat artikelnyaaa

  26. hello.
    saya dari malaysia. apabila saya baca artikel saudara, saya yakin dapat membantu saya dalam kerja saya. untuk makluman saudara …..saya di pertanggungjawab untuk melatih kumpulan nasyid untuk pertandingan… jesteru info yang ini amat berguna untuk saya.
    sekiranya saudara dapat membantu saya, tolong hantarkan email, tentang kaedah menjaga suara..

  27. situs nii bguss bnged …. bisa ngebantu org yang mau belajar teknik vocal …

  28. makasih infonya.keerrrrrreeeen bgt.

  29. hai..boleh kongsi dengan saya ttng teknik nyanyian atau bentuk latihan “warming up” atau fornasi

  30. bagaimana cara melatih vibra.. dan buku pntunjuk,serta MP3 nya..Trims

  31. gan tolong di kasih contohnya donk satu2 dari 8 teknik itu…. mkasih.

  32. gan..tlong donk kasih tau saya..bagaimana teknik melatih fibra..?

  33. nice artikel, ijin copy artikelnya y bos.. makasih

  34. apakah setiap orang bisa bernyanyi dgn suara yg berfibra, bisa gk fibra tu dipelajari??thx

  35. saudara ku yang terhormat saya mau minta tipsnya
    suara saya jelek sekali, bagaimana ya agar suara saya bisa untuk bernyanyi. tipe suara saya sangat sangat rendah tidak bisa mengangkat nada nada tinggi. tolong kasih tipsnya lewat email ishaq_00@yahoo.com

  36. carta memperluas pernafasan

  37. suara ku jelek jadi ya……..tetep sumbang kalo nyanyi.
    jangankan nyanyi ngentut aja fals mas
    hehehe………

  38. putri sheyla amanda riani

    aq mau nanya,makanan apa sih yang bisa membantu suara kita jadi bagus dan merdu????????????

  39. Ping-balik: GIOT STAR GROUP [dot] COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s