Ayo belajar nulis aksara Jawa

Sebagai orang Jawa ya sudah sepantasnya tho, kalo aku juga mempopulerkan cara menulis menggunakan huruf Jawa. Sebab berdasarkan penerawangan yang aku lakukan melalui primbon 6 huruf ternyata aksara Jawa ini telah diusulkan oleh Jason Glavy (orang Jepang) dengan nama Tjarakan ke Unicode, bahkan perusahaan Agfa Monotype juga telah membuat contoh font Javanese. Nah lho ...

So, mosok aku sing orang jowo ora gelem membudayakannya ..
Inggih tho..

Opo tho aksara Jawa itu ?

Aksara jawa berbeda dengan huruf Latin yang kita gunakan sekarang ini untuk menulis. Aksara jawa terdiri dari :

1. Aksara Carakan
Aksara inti yang terdiri dari 20 suku kata ato biasa disebut Dentawiyanjana, yaitu :
ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, nga ;

2. Aksara Pasangan
Bentuk mati (huruf) dari aksara inti, yaitu :
h, n, c, r, k, d, t, s, w, l,
p, dh, j, y, ny, m, g, b, th, ng
;
pasangan

3. Aksara Swara
Biasanya untuk huruf awal penulisan nama kota ato nama
orang yang dihormati yang diawali dengan huruf hidup,
yaitu : A, I, U, E, O

4. Aksara Rekan
Untuk penulisan huruf-huruf yang berasal dari serapan bahasa
asing, yaitu : kh, f, dz, gh, z

5. Aksara Murda
Biasanya untuk huruf awal penulisan nama kota ato nama
orang yang dihormati, yaitu : Na, Ka, Ta, Sa, Pa, Nya, Ga, Ba

6. Aksara Wilangan
Untuk penulisan bilangan dalam bahasa Jawa,
yaitu angka 1 s/d 10 dalam aksara Jawa.

7. Tanda Baca (Sandangan)
Merupakan tanda baca yang biasa digunakan, huruf hidup
serta huruf mati yang biasa dipakai dalam bahasa sehari-hari,
yaitu tanda : koma, titik, awal kamimat, dll
huruf : i, o, u, e.
huruf mati : _r, _ng, _ra, _re, dll

Setelah menguasai aksara-aksara di atas, kita tidak bisa langsung menggunakannya untuk menulis sebagai mana ejaan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab ada beberapa hal yang menjadi perkecualian dan menjadi aturan tambahan.

Tambah pusing ? Gak po po .. wajar .. aku yang wong jowo wae sering salah.

Tadi sempat disebut kalo orang luar udah bikin font aksara jawa untuk bahasa komputer. Tetapi jangan salah, di sini pun dah ada yang jago dan malah juga udah berusaha mendaftarkannya ke Unicode, Budi Teguh Sayoga namanya. Bahkan kangmas Sayoga ini telah membuat bahasa ANSI (bukan Unicode) untuk dibagikan gratis sehingga kita bisa menuliskan aksara Jawa ini di komputer dengan keyboard selayaknya kita mengetik biasa. Penasaran kan ? Silakan masuk ke situsnya kangmas Sayoga. Ato ambil font hanacaraka disini dan ubah file ekstension nya dari PPT menjadi ZIP.

Oh ya, biasanya kalo membaca suatu artikel gak puas kalo belum mencoba. Tulisan di bawah dibuat menggunakan font hanacaraka nya kangmas Sayoga. Coba baca tulisannya dan jawab di kolom komentar ya.

Matur nuwun, pareng.

baca dong
Sumber :
- http://hanacaraka.fateback.com/
- http://www.omniglot.com/writing/javanese.htm
- http://www.geocities.com/jglavy/asian.html
- http://www.seasite.niu.edu/Indonesian/jawa/jawa.htm
- http://www.joglosemar.co.id/hanacaraka/hanacaraka.html
- http://www.christusrex.org/www1/pater/JPN-javanese-huruf.html
- http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/20/unicode-hanacaraka/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Hanacaraka
About these ads

266 responses to “Ayo belajar nulis aksara Jawa

  1. ga mudeng ah..

    # masih salah re.. coba lagi :D

  2. eh, sebagai orang solo, saya merasa bisa nulis hanacaraka..

    tapi setelah baca tulisan mas nindityo, baru sadar masih banyak yang harus dipelajari selain huruf dan pasangan.. sementara ilmu yang ada juga udah rontok semua dimakan waktu.. hehehe..

    # dan sebagai orang semarang.. saya juga gak mudeng mas..

  3. ada les private ngga??

    # wah gak tau mas.. coba kontak mas Yoga di situs resmi bahasa jawa itu. link paling atas

  4. waduh….aku dulu hafal aksara jawa lo…
    tapi sekarang udah lupa babar blas….
    hiks…malu… :(

    # sama mas.. :)

  5. dapet salam mas!
    dari Bu Mul sama Bu Nuk

    # ketemu dimana mas ama beliau?

  6. ayo belajar nulis aksara jawa
    kalo mbaca sih masih bisa dit, asal tidak mengandung huruf kapital & angka
    kalo nulis… wah wis nunak nunuk…

    # ya dikit-dikit tho mbakyu ..

  7. aplikasi nulis jawa di mana ya websitenya/

    # di link site paling atas mas.. ama kangmas sayoga

  8. Asik, aku melu sinau yo boss.. ajari sing tenanan lho

    # halah.. aku yo mak plekitik yen dikon ngomong alus mas

  9. ehm…kemaren aku baru nyadar mau belajar + mendalami lagi bahasa jawa, terutama yo nulis jowo kui mau…
    nyuwun pandonga pangestu nggih…
    mugi2 klakon
    ^_^

    # sami-sami mas

  10. saya senang dengan perkembangan tekhnologi yang dapat membuat aksara jawa lebih mudah di ketik dengan komputer,dan itu memudahkan kita dalam mempelajari aksara jawa.

    # sip.. met belajar mbak

  11. saya minta tolong bagaimana menulis kata “zealot” dalam huruf jawa, karna tidak ada “z” dlm aksara jawa. thanks

    # penulisan kata yang mengandung huruf “Z” bisa menggunakan “aksara rekan” bisa diliat disini http://hanacaraka.fateback.com/ps_sndg.htm

  12. yen nulis ” glugu” piye yo mas

    • “ga” lajeng pasangan “la” dipuntambahi ‘suku’, pasangan ‘la’ manawi dipuntambahi suku kedah dipuntulis wutuh, lajeng aksara “ga” dipuntambahi ‘suku’.

  13. ayo belajar nulis aksara jawa

  14. Matur nuwun sanget dik, dados eling malih

  15. wah mas… tolong liat blog saya deh. judulnya sudah bener belum? hehe, terus di setiap bawah pos ada ‘lengganan bagaspati pake RSS Feed. gelem ra?’ itu juga bener gak aksaranya?

    makasih loh…

  16. kalo menulis ~handarbeni~ gimana ya mas?
    balasnya kirim ke erliangga@yahoo.co.id

  17. Kalo cara nulis aksara jawa itu dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri. Saya seriusan mau belajar nih :(

  18. matur nuwun ilmu nipun. wonten link kagem download buku sekolah basa jawa mboten nggih??

  19. sangat membantu… untuk mengingat ingat jaman sekolah biyen. Ada rasa bersalah jika ada orang (bukan jawa) minta bantuan untuk menerjemahkan tulisan jawa.. tapi nggak bisa membantunya…

  20. kalo baca aksara jawa itu dari kanan apa dri kiri y,trus ada yg bisa tulisin nama saya(yulius kurniawan) pake aksara jawa,,,saya sangat berharap sekali.mohon bantuanya,klo ada yg mau bantu kirim
    ke : yukicantona@yahoo.co.id. thxxx

  21. kata orang madura -> nice article
    kalo’ pake font-nya mas :
    anD/[bni -> handarbeni
    yuliaus\ ku/niawn\ -> yulius kurniawan

  22. waduh,blog e ampuh sanget,,sembah nuwun mas,rikolo sd dumugi smp kulo saged nulis ugo moco,nandjan mboten lncar,,saniki lamus tanpo tilas kegiles dening jaman kang brekasaan,,sembah nuwun ,,,bade ngudi kawruh melehhh…
    ayo lestarikn budaya jawa..

    # yiuuk.. mariii..

  23. ngaturaken sembah nuwun, kangge kangmas…mugi2 sedoyo tiang jawi sak nusantara mboten isin sinau nulis aksara jawi lan nglestarikn budaya jawi. Inggih pesen kulo munggu’o saged njenengan andhameli blog niki ngangge basa jawi kemawon.

  24. Langgeng Jumadil Akhir

    Matur Nuwun sanget, soale kulo mulai alit urip dateng pulau sebrang… (transmigran boss).
    Dengan adanya blok kyk gni bs bikin aku ngerti aksara leluhur….

  25. @theo
    tiyang jawi punika boten namun teng Nuswantoro kemawon lho mas..ingkang wonten Suriname nggih wonten lho..
    ingkang wonten New Caledonia nggih wonten..

  26. perlu artikel tuntunan baca tulis aksara jwa secara simpel

  27. gimana ya cara nyari buku-buku cerita basa jawa tapi mungkin di sekitar keraton jogja/solo. apa ada yang bisa nyecan dan memuat ke sini ?
    buat beljar. atau kita nulis endiri saja ya ?

  28. yulis_SMA BAKTI Ponorogo

    MAS BAGAIMANA PENGGUNAAN HURUF A ATAU O PADA BAHASA JAWA, CONTOH KULO ATAU KULA?

  29. ayo belajar nulis aksara jawa

  30. mas ?? kulo jawa sekeng sumatera ndue karep, blajar aksoro jowo kui, neng angel ngge mas….??

  31. mas ?? kulo jawa sakeng sumatera ndue karep, blajar aksoro jowo kui, neng angel ngge mas….??

  32. ayo belajar nulis aksara jawa.
    Mas…… mbokyo enggal di paringi ben enggal keno kanggo nulis aksara jawa ing komputer antik iki, aku ki wong jowo ning kelangan jawaku.
    Matur nuwun banget.!

  33. kulo haturaken matur sembah nuwun ingkang sanget, amergi wingi kulo kepanggih kaliyan rencang setunggal kabupaten kediri teng medan, larene nyuwun tulong teng kulo supados nulisaken asmanipun yugane ndamel aksara jawa, kulo nggeh radi kesupe amergi pon dangu mboten nulis aksara jawa kaet lulus sma

  34. sudah lama kepikiran pengen nglestarikne budaya jawa terutama nulis aksara tapi gimana carane wong diriku saja lupa,dulu waktu SD jago nulis jawa tapi masuk SMA semakin luntur apalagi waktu kuliah,wah bahkan gak inget.sekarang tinggal di Perancis,selalu dengan bangga cerita kekayaan budaya kita,ning begitu ditanya ‘kamu bisa nulis jawa’ langsung mak plereeet… isin aku,untung nemu site nya mas Nindityo,jadi pengen belajar lagi raketang mung iso nulis aksara inti. go ngajari anakku..
    yoo.. bareng bareng nglestarekne aksara jawa…

  35. Kulo nuwun
    Mas -mas n mba`2
    saget maringi informasi tentang web utawi blog seng ngguna` ake tulisan jowo. Wonten mboten nggih.
    Aku pengen sinau moco tulisan jowo
    Matur Nuwon

  36. tolong diberi conto yang banyak. tuladha:plonga-plongo,prengat-prengut,sentlap-sentlup.lan tlup lan liya-liyane

  37. wah makasih infonya, numpang nyalin buat belajar :)

  38. mas, itu bacanya, “ayo belajar nulis……jawa”
    betul ngga tuh? aku yang titik2 ngga ngerti mas

  39. Monggo sami nguri-uri kabudayan Jawi. Mugiyo sanak kadang kita mboten kesupen kaliyan kabudayan kita piyambak.

  40. ayo belajar nulis aksara jawa

  41. pengen lho belajar sampe bisa trus gmn ye caranya……
    siapa lagi coba yang mau nguri – uri tradisi sendiri kalo bukan orang indonesia…
    malu,kita punya tradisi luhur tapi jarang yang sadar…

  42. wah…bener2 tulisanx sangat bantu aq banget,aq dulu juara kl d suruh nulis jawa tp itu wkt smp skrg ud lupa,skrg aq mau belajar lg…..kmren barusan ikut kursus bhs korea dan skrg ud bisa baca jg tulis dgn huruf hanggul/korea.masa bs baca tulis bahasa orang laen sendiri tp kok lupa ma jawax…aq ngk mau jd org jawa tp lali karo jowone…matur nuwun sanget ngeh sederek..:D

  43. Punapa saget pun paringi caranipun nulis ngangge mawi computer ? menawi saget kados pundi caranipun ?
    matur nuwun pawartanipun.

  44. malu aku anak jawa asli ra iso nggago aksoro jowo……….????????ngapunten nggih

  45. kinging menopo saksampunipun huruf “s” mboten dipun pangku?

  46. hhhaaayyyooooo!!!!!!!!!!!,belajar!!!!!!!!!,masa’ kalah sama anak kelas 5 sih????????

  47. ayah ibu saya orang jawa, tapi saya gak begitu kenal dengan tulisan jawa, maklum saya dari kecil di besarkan di Medan juga lingkungan saya suku batak. saya ingin sekali bisa memahami tulisan jawa, gimana ya mas caranya saya sangat ingin bisa tulisan jawa sambil bisa menetap di Medan.

  48. gmn crna belajar yg bener? dari doloe kgk ngerti2… pa lgi besok maju2 satu satu… gila abiez… q nyerah dch.. pasrah aja!!! yg penting dah berusaha… kasihtips dan saran ya?

  49. gmn cRa yg lbh pas biar cepat mudeng.

  50. kamu jihad tapi della

  51. matur nuwun tumrap tuladha aksara jawinipun.

  52. ayo belajar nulis aksara jawa

  53. aku njaluk tulung ajari maca lan nulis aksara jawa

    matur suwun sak kabehane

  54. ada auto translatenya ga, aksara jawa – huruf biasa

  55. iya ya..aksara jawa yang terlupakan..ntar nemuin tulisan jawa gak bisa ngartiin alias baca

    lah nek sengkalan gmna itu??

  56. matur numan eh matur nuwun maksude, njih mas, mestine ditambahi conto-conto sing lengkap kui mas ben gampang melajarine.

  57. kulo tiang jawi asli tapi kulo kerjo ing malaysia pun dangu, amer pun dangu kulo nulis jawa pun lali bahasa jawa alus lan krama pun campur2, kulo pengen saget nulis jawa lan bhs kramo ingkang sae dos pundhi?

  58. AI LOP YU BASA JAWA…..

  59. matur suwun sanget nggih. Kulo tiang ngawi, dalem kulo teng cumahi. matur suwun sanget.

  60. . ak dri dLu g bsa bhsa jwa :( .

  61. aku pengen iso nulis jowo kanggo anak2ku mergo anaku ora iso ngomong jowo.aku saiki manggon neng kepri,sopo sing duwe bukune tlg kasih aku yo dulur

  62. bagai mana penulisan” pancuran mas sumawur ing jagad” dengan aksara jawa Sebelumnya kami ucapkan terima kasih

  63. matur nuwun mas, cukup mengobati rinduku akan aksara jawa yang jadi favoritku waktu sekolah dulu, ternyata masih mudeng dan nyandak juga

  64. wis kangen sinau nulis jowo

  65. mesti belajar nih, kebudayaan indonesia.. makasih artikel yang menarik nya

  66. Assalammualaikum, salam kenal , kulo gadah pr nulis jowo tapi mboten saget, tulisan kolowau jeneng paguyuban keluarga ingih mniko MAKMUR LESTARI, nyuwun tulung sinten gih engkang saget mbantu kulo, sak derengipun matur nuwun.

  67. Maturnuwun sanget sampun paring warto situs basa jawi. Mugi2 saged mbantu para kawulo mudo tansah trisno lan nguri uri budaya jawi. Nuwun

  68. nulis aksara jawa angel men yow….

  69. kok ngga ada contoh tulisannya ya?

  70. alhamdulillah masih banyak yang peduli dg aksara jawa. matur suwun kulo haturken.

  71. aq sihc hafal hurufny tp q g hfl tnda bcany…

  72. ko’ yg berasal dr serpn bhs asing g da cnthy dlm tlsn aksara jawa…….?!

  73. Mas mohon bantuannya saya mau nanya kalo saya mau nulis “Berusaha,Berdoa dan Bersabar” ejaan huruf jawanya gimana ya…
    saolnya saya dah coba-coba malah makin bingung…nih..

    please tolong dibantu ya mas.

    matursuwon…

  74. Tulisan lan kabudayan jawa kudune diuri-uri, dipepetri dimen ojo ilang, ojo
    nganti dadi wong jowo ilang jawane.

  75. wah sarujuk sanget lo…kanthi piwulang basa Jawa punika….nanging panyeratan latinipun ugi kedah dipun sinaoni awit kok kathah ingkang dereng leres…nuwun

  76. wah, sae
    “ayo belajar nulis aksara jawa”

  77. ayo belajar nulis…….
    tapi ada yg salah tu mas……
    lo nulis aksara jawa ga usah dispasi…….

  78. “Hayo belajar nulis aksara jawa”
    Mas, nanya dikit baca di wikipedia penulisan taling tarung untuk menjadikan pembacaan dari misal: YA ke YO sudah tidak diberlakukan lagi, saya jadi bingung seandainya menulis kata dalam bahasa Indonesia yang mengandung suku kata dengan vokal A dan O dengan aksara jawa???? apakah ada cara penulisan lain?
    Matur Nuwun.

  79. Thx.. Ni Bantu Banget——
    Ternyata masi ad situs yang nyediain ginian kwwkwwkkww
    thx
    thx
    thx

  80. wah…matuenuwun sanget, kebetulan lagi pengen belajar huruf Jawa…..

  81. sayang ansi coba perhatikan tulisan ini menggunakan unicode memakai BlankOn linux ꦱꦪꦤꦸꦭꦶꦱ꧀ꦩꦺꦔ꧀ꦒꦸꦤꦏꦤ꧀ꦧꦲꦱꦗꦮ

  82. Saya sbg orang jogja yg lama tinggal di SUMUT mengajak seluruh generasi muda , jangan cuma nuntut Keistimewaan Yogya , tapi lestarikan dong “Budaya Yogya ” , seperti wayang , kethoprak , klenengan termasuk HURUF JAWA.

  83. ayo belajar nulis aksoro jowo

  84. Wah sae sanget kulo setuju.
    “Ayo Belajar Nulis Aksoro Jowo”
    Soal Belajar Jowo Sekaligus Ajakan Nguri-nguri Budoyone Dewe Yo to Massss.

  85. mas, kula nyuman diajari pasangan, ga iso saya

  86. halo mbah google . bissa gak aku diajari cara memakai pasangan

  87. wah … gg paham2 neh ,,,

  88. ga mudeng nihh ak basa jawa sedikit” doang >.<

  89. kalau nulis supriadi pke hrf jawa gimana ya,mo tak bikin tato..

  90. Waduh uwes lali, tp ak iseh kepengen sinau..
    Sujono(wong blora, kec.randu)

  91. Salam…. Kalau nulis ‘Proyek’ atau ‘Keprok’ bagaimana? Kapan kita harus memakai pangkon dan kapan juga kita harus memakai sandhangan untuk menghubungkan 2 kata? Terimakasih

  92. Aku sudah coba-coba bikin cerita bahasa jawa pakai carakan, tetapi saya kurang yakin apakah sudah betul apa belum. Saya kurang yakin hanya di saat kapan kita memakai pangkon dan kapan kita memakai sandhangan. Contoh seumpama nulis ‘iwak bawal’ aksara ka dipangkon apa digabung dengan pasangan ba? Mohon dijelaskan ya? Terimakasih

    • wong Jawa asliii

      pasangan laah… lha wong depannya ‘k’ itu huruf mati, bukan titik atau koma… jadi tulis saja aksara ‘ka’ lalu diberi pasangan ‘ba’. moga2 bermanfaat…

  93. aq masih bingunggggg,nichhhhh!!
    jelasin lg yah!!!

  94. belajar terusss……
    pasti bisa melestarikan aksara jawa…
    sebagai orang jawa…
    aku harus bisa n hapal tentunya…
    eh tapi kalau pengen nulis di komp. pake aksara jawa gimana ya??????
    apa lagi d hape bisa…!!!!
    seneng kan????

  95. mau tanya klo tulisa aksa “Bhineka Tunggal Ika” itu gmn yaH???
    soalnya saya mau buat tatto d’badan saya…thx

  96. gmana ya nulis kata Indonesia pake aksara jawa? minta penjelasan by email ya…tq

  97. Hayo Belajar, pelan-pelan asal bisa… tetap semangat.

  98. wah hore. . . . .
    anak2 wisudha karya kudus pd gak bisa aksara jawa.

  99. aksara jowo ki angel j mas, ket SMP q ki mesti remidi nek wis kon garap soal aksara jowo, mbok kek’i piye carane ben iso sinau aksara jowo sing gamping hehehhehehehhe

  100. basa jawa benar benar sulit sekali,ini ngak tahu gurunya ngajar tidak bisa atau murid yang dengar basa jawa udah stress….apalg saya dari sumatera,kaget dengan basa jawa…bisa dengar dengar sedikit artinya,,tapi kalau ketemu dengan penulisan,,pingsan dengan sukses…jadi kalau ulangan ngak pernah dapat nilai 50….(uuhhh sedih deh)

  101. sebenarnya asyik lho belajar nulis aksara jawa,
    masio aku gak 100% mahir.tapi sek seneng dulinan aksara jawa iki.

    suwun nggih mas :D

    lebay mode : on

  102. hebat…..yang bisa ingat semua jenis aksara jawa….saya kalau ulangan b. jawa pasti salah di aksaranya….

  103. badhe tanglet menawi nulis
    LISTRIK
    ngangge aksara jawa pripun?

  104. wah pengen bisa tapi nliatnyua aja mblenger

  105. ayo belajar nulis aksara jawa

  106. muhammad harso trigunaji

    meski dapet pelajarannya dari sd,smp,sma sampai lulus kuliah saya sama sekali g paham aksara jawa. Tapi akhir2 ini mendadak pengen bisa nulis jawa sekalian melestarikan budaya jawa, sayang kalo mpe g bisa (secara orang jogja n ibu ku guru bahasa jawa). Dulu waktu kecil rasanya sulit bgt paham tp setelah baca artikel ini mngkin krn dah tua jadi mudah untuk mulai memahami sdikit demi sdikit dari awal lagi… Suwun mas artikelipun
    Buat yg mw bljar breng aksara jawa di daerah Jogja mngkin kita bisa ketemuan di Jogja, email aja ke big.guysmile@gmail.com

  107. yen kon moco saged , tp yen kon nulis susah , msalah huruf paten mbingugi,,,sring2 ksh tips tho kang mas ,,,, nopo ndamel grup ,,mngkin ten fb nopo ten pundi mawon ingkang gampil dijngkau sak kabehing kawulo

  108. Dulu pas SD aku belajar huruf jawa .. tapi SMP dan SMA sudah tidak .

    kayu jabon
    jabon
    jasa ekspedisi

  109. the best javanese

  110. thank you

  111. aksara jawa tut wuri handayani

  112. moelyadie mawon

    aku orang jawa tapi tinggal di lampung,jadi keinginanan tuk bel;ajar aksara jawa sangat tidak mungkin disini,ya semoga entah kapan waktunya aku bisa belajar aksara jawa.amiiin.matur suwun.

  113. halo belajar nulis aksara

    kula rodok ora bisa basa jawa.kula wong surabaya.matur suwun engko(nanti) nilai uas kula bisa apik

    minta maaf nggih kalau bahasa komentar kula agak kasar.oh iya kula murid kelas 5 sd

  114. boss klo nulis chrisaylen make aksara jawa gmn ???

  115. aku baru kelas 3 sd kok ,aku belajar disini soalna besok tes
    biasanya kalau gaktes manual kok……………………………..!

  116. tambaihsoal lh

  117. njaluk email mu mas ?!

  118. AYO BELAJAR NULIS AKSARA JAWA ^_^

  119. tum pie kabare ?

  120. dulu aku bisa bahasa nulis aksara jawa, baca juga bisa kok skarang nggak tau apa2 ya… lupa tenan

  121. ujar eyang ku sing rumongso dadi wong jawa nanging ora iso nulis aksara jawa…. minggato soko tanah jawa….

  122. sy pengen liat nama saya di tulis pake aksara jawa… nama saya ARYA YUDHA,, tolong kirim ke email saya aryayudha5@gmail.com

  123. Permisi.. .aku trtark bgt pngend bljr aksara jawa..
    Bwtin aksara jawa’a yg bs d salin dan d tempel pke Hp n0kia donx.. .jd bs smsn pke aksra jawa, sXan bljar dan mMbudidayakn’a.. :D
    ,

  124. ihi pake hape bisa ꧋ ꦲꦢꦼꦒ꧀ꦒꦶꦁ
    ꦩꦱ꧀ꦗꦶꦢ꧀ꦱꦭꦶꦏꦶꦤ꧀ yang pengen symbianya bisa jadi aksara jawa silahkan mampir di http://my.opera.com/lidien :D nuwun

  125. aku wong tawang mangu yo pengen ajar boso jawo wis suwi ora tau sinau dadine wis lali kabeh piye tho iki.

  126. Saya sangat menyenangi tulisan dan bahasa ini sejak lama, tapi saya tidak pernah bisa menuliskan dan memahaminya. Boleh tolong diberi tahu saya cara untuk mempelajarinya.?
    Saya putra Betawi asli

  127. Toloong ya. . .

    Bang Nindity0 bisa kirim panduan belajar aksara jawa ke format documen .
    Attachment ya. .
    Email: hellbridge@ovi.com

  128. saya memang orang jawa saya suka bhs.jawa
    dari dlu Q dikels slalu juara klo pelajaran bhs.jawa!!!???
    Semoga aja orng tambah suka dngn budaya orng jawa……amiiinnn???

  129. kalo baca nya susah, padahal orang jawa tapi ngga bisa juga

  130. Brow ,aku mumet karo tulisaan jowo..
    Padal soal Semesteranku nggangow tulisan jowo ,,gek njawabpe kudu nggow tulisan jowo meneh ! ==’
    mumet tenan sirahku !

  131. Hey friends ,,
    Bantu saya yea ……
    Saya ada pr b.jawa…..
    Saya gak bsa b.jawa nihh……
    Bantuin dongg !!!!! :)

  132. help me please………………… ^_^

  133. Toollloooonnngggg !!!!!!!!!!!!!!!!!!! :3

  134. Antonius Ram Rosanto

    ayo belajar nulis aksara jawa

  135. pusing belajar aksara jawa.. tapi itu yang membuat saya tertarik :D

  136. nunut nyomot ilmune nggeh….

  137. boso jowo kudu iso,senajan wis dadi ,,,…opo yo????

  138. Waktu SD dulu sempet belajar aksara Jawa (bisa tp gak fasih)
    cuman karena lama gak baca2 lagi sekarang agak2 lupa alias lupa-lupaaa inget…

  139. renosandru kusumawardani

    mas, aksara jawanya kurang lengkap kayanya, kalo bis dipaten trus aksara sambungannya tu belum ada.
    tolong bantu nulis “diandani” ya mas….
    tar email ja ke renosandru_cahya_k@yahoo.co.id

    suwun yo mas…:D

  140. huhuhuhuuhhhh
    kasara jawanya parah ba

  141. ayo belajar nulis aksara jawa

  142. Kalo mau update status Facebook pake aksara jawa, gimana caranya ?
    tolong bales di emailku Aulia.dhevy@yahoo.com

  143. Kalo mau update status Facebook pake aksara jawa, gimana caranya ?
    tolong bales di emailku Aulia.dhevy@yahoo.com

    Matursuwun ^_^

  144. Ayo belajar nulis Aksara Jawa…..,

  145. klik wae @fb
    muslimin brangkal > wyanjana club….,

  146. kat biyen ajar2 kok yo ra iso2

  147. makasiihhh ini sangat berguna bagikuu ;)

  148. klw mau nulis abjad nya dulu , ntar jadi aksara jawa dimana?

  149. bingung aku karo basa jawa

  150. bingung aku karo basa jawa… r mudeng

  151. Mau belajar nulis jawa di internet, silahkan kunjungi
    http://www.facebook.com/groups/159027967494467/
    di situ kita akan dibimbing nulis aksara jawa
    aksara jawa sudah bisa untuk FB-an, twitter-an, bloging, dll

  152. Sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai banyak ragam budaya dan kepercayaan, saya bangga Indonesia mempunyai huruf asli, yaitu aksara jawa. Pernah ketika saya mengantar teman saya dari Swedia,yg kebetulan sedang jalan2 dan mempelajari budaya Nusantara, menanyakan begini pada saya. Coba apa huruf asli dari negaramu ?

  153. Q tau apa artinya itu….
    ayo belajar aksara jawa.
    …..

  154. lagi ada tugas mentranslate dokumen kuno dari keraton jogja… Sangat membantu. matur suwun sanget. :)

  155. gimana pemakaian aksara rekan yang benar.

  156. seneng aku, olih pelajaran basa jawa, bisa nggo mbajari anakku iki, matur suwun mas.
    salam…

  157. “hayo belajar nulis aksara jawa” mbok bilih makaten ungelipun nggih….

  158. bagus sekalee…. makasih makasih…..

  159. Salam knal bro…

    n minta maaf karena udah download tanpa permisi, makasih bro hp e63 aq skrg udh bsa bwt nlis aksara jawa krna pakai font dr situs ne… 1x age makasih bro…

  160. tlsnya “ayo belajar nulis aksara jawa”
    yaa a.i.u.e.o agak gg dong hhe

    tp sukseslah yg mnulis ini :)

  161. mantapppp bangeettttt

  162. hay friend,,
    bantu saya ea???
    saya ada tugas bwt cerpen pkek aksara jawa ,,
    tpi saya gk bisa niieeee,,,
    bantuin dongg,,??????

  163. belajar nulis yuuukkkk….

  164. alfhina twibi from boenzue 70 cianjur

    kulo tiang cianjur,,
    lahir nang purbalingga??

    maksude opo???
    jhahaha…

  165. wah…bener2 tulisanx sangat bantu aq banget,aq dulu juara kl d suruh nulis jawa tp itu wkt smp skrg ud lupa,skrg aq mau belajar lg…..kmren barusan ikut kursus bhs korea dan skrg ud bisa baca jg tulis dgn huruf hanggul/korea.masa bs baca tulis bahasa orang laen sendiri tp kok lupa ma jawax…aq ngk mau jd org jawa tp lali karo jowone…matur nuwun sanget ngeh sederek..

  166. maksudnya tulisannya

  167. bukan itu maksudnya tulisannya

  168. aku wis lali kabeh + ramudheng

  169. Aq seng tiang blora wae e urg apal og, ayo sinau mneh hehe

  170. wong Jawa asliii

    “ayo belajar nulis Aksara Jawa” bukan???
    lek salah malu yo… wong Jawa kok ora iso Basa Jawa?! ^_^
    BANGGA DADI WONG JAWA!!!

  171. Alhamdulillah masih bisa baca tulis aksara jawa…ttp q pertahankan adat dan budaya jawa sbagai orng jawa…

  172. Kang mas. Piye to aku ndak mudeng tolong to d ksih contoh dan pnjelasan na.Tak tunggu..

  173. ”Ayo belajar nulis jawa”

    aq wz klalen nek nulis aksara,, biyen lg skolah padahal pinter tw tp saiki koh ra mudeng babar blazzzt,,
    hehe

  174. sekaranglupa dlu gx bisa hehehehe. . . . . . . .

    pye tho kang kang? :)

  175. piye carane nulis status FB gawe abjad Jowo..?

  176. kok ga ada yang ak cari :(
    ngumpet kmana sih rangkumannya :/

    #susah bwngt

  177. ak ga mundheng bwngt :’(

  178. genio huruf jawi kok mboten wonten aplikasinipun?

  179. Sy lahir dan besar di jkt. Klas 3 smp sy pindah ke wonogiri. Ngga ngerti apa apa tentang aksara jawa. Sy baru ngerti stlah 10 tahun bekerja. Dengan buka 2 site aksara jawa dan menemukan situs teguh budi sayoga.saya terus usaha sampai bisa nulis dan baca.

    Tulisan di atas bunyinya ” Ayo belajar nulis aksara jawa”

  180. bagus hurufnya penuh dengan makna

  181. itu bknny
    ayo belajar nulis aksara jawa ?

  182. terakhir belajar aksara jawa ,,kelas 3 smp,,, 5 tahun berllalu wes lali kabeh!!! padhl mbiyen aku seneng banget lho nulis aksara jawa… sekarang kudu mengulang saking awal maleh,,,

  183. Terimakasih buat yang telah berkenan mengunggah terkait ” AKSARA JAWA ” . Walaupun kita belum bisa menulis hingga membaca, minimal mengetahui bentuknya. Kenapa ? Jangan sampai ” AKSARA JAWA ” diaku oleh bangsa dan negara lain, seperti yang sudah pernah terjadi. Tidak sedikit orang dari negara – negara maju dan modern, datang ke Indonesia untuk belajar AKSARA JAWA dan SASTERA JAWA. Ada apa di balik itu …? Secara garis besar ; Perhuruf dari ” AKSARA JAWA ” itu mempunyai arti,makna dan tiujuan antara manusia, alam semesta dan Tuhan …….

  184. klw nulis nama LAURA NINDYA gimana gan,wes tak otak atek mlh tambh mumet iki gk temu-temu.

  185. Muhammad indra gunawan

    Kok gak dikasih contoh yg jelas ?

  186. ” Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake…”

    bukane males mas, arep takok takok sopo aku…wes coba2, wedine malah kleru…kisinan dewe ko mas…nyuwun tulung di emailne nggih mas filosofi jawa ten inggil niku…suwun.

    supriyadi
    ( biasabeli@plasa.com )

    • secara sederhana bisa diartikan begini mas,
      Ngluruk Tanpa Bala : menyerang tanpa pasukan artinya persoalan yang ada dihadapi sendiri tanpa mengandalkan orang lain.
      Menang Tanpa Ngasorake : menang tanpa bersorak artinya meski menang/benar tetapi tidak mempermalukan pihak yang kalah/salah

      sami-sami mas.. matur nuwun

  187. mas, mohon penjelasannya. 1. bener nggak pemahaman saya kalau pasangan itu semacam untuk mematikan huruf yang harus mati tetapi kebetulan ada di tengah. pengganti pangku gitu. 2. Saya pernah melihat ada pangku di tengah kalimat (kalau tidak salah di buku pelajarn SD). Bolehkan kita menggunakan pangku di akhir kata di dalam kalimat. misalnya, ‘nulis aksara’ tidak menggunakan pasangan ‘ha’ tetapi setelah huruf ‘sa’ diberi pangku.
    Saya senang sekali menemukan blog ini. Saya belum lancar menulis dengan aksara jawa. Blog ini sangat membantu. Terima kasih atas penjelasannya.

    • pangku digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat mbak.. bukan untuk mengakhiri suatu kata.
      fungsinya sebagai “titik”.
      bisa saja di tengah kalimat tetapi jarang mis: sebelum koma, ingin dilanjut dengan menulis menggunakan aksara Rekan/Swara/Murda, dan lainnya..

  188. maaf, tanya lagi. apakah aksara rekan digunakan untuk menulis kata-kata asli dalam bahasa jawa? matur nuwun sanget, mas.

  189. mas, maaaaf, tanya lagi. saya membaca ulang tulisan ‘ayo belajar nulis aksara jawa’. pada kata aksara, mengapa ‘sa’-nya menggunakan pasangan dan tidak menggunakan aksara ‘sa’? terima kasih penjelasannya. (maaf mas, tanya terus.). matur nuwun sakderengipun.

  190. nnahh ini dia..
    trus kalo nulis “apri anto” bagimana yh… :)

  191. AREP NULIS : MASPRI NGANGGO AKSARA JAWA PIYE YO CARANE SOALE HURUP SING MATI ANA 3

  192. Okkee… Dilanjutaken mas…!!!
    Njih sepantesipun dipun lestari’aken, kersane mboten punah…
    SUWUN…

  193. Dah lupa saya…tapi sebagai orang pemalang saya merasa harus bisa baca tulis dngn aksara jawa…malu rasanya orang jawa tp ga ngerti budaya kita sendiri.

  194. kulo rumiyen tasih sekolah kulo seneng saking kulo dableg rumiyen dadose sak niki mboten saget.malah mboten apal,,, kulo ngroso getun,moso tiyang jowo mboten saget nyerat jowo niku pripun? insya Allah , sak niki kulo badhe belajar nyerat jawi malih,,, mugi-mugi saget.amien,,

  195. niki kulo rumiyen ngih saget nulis aksara jawa,pun pinten tahun mboten maosi maleh,buka internet ngeklik ayo belajar aksara jawa niki nembe kulo tulis maleh,belajar maleh.diulang maleh,matur suwun sanget,saget upload maleh.

  196. Tadi pagi anak saya nggarap PR nulis huruf jawa. Buku pepak basa jawinya hilang. terpaksa nanya sama Om google, nemu blog ini. trims atas informasinya.

  197. makasih yaaaa, jadi ‘agak’ mudeng :))

  198. trenyuh karo wong2 saiki, anakke wiwit bayi dipekso boso indonesia….ben mundak drajate, ben gensi jarene, ben koyo wong kutho…mbareng sekolah ono pelajaran boso jowo ora iso ngetutke pelajarane, neng ngomah njaluk warah karo wong tuwane….eeeee wong tuwane jebul yo ora iso, anakke takon “bapak tu orang mana sih?”…bapakne mangsuli “orang jawa”…jawabane anakke “kok gak bisa bahasa jawa”…….???????????[[[...wong jowo ojo ilang jowone...]]]

  199. Mulane Sing Biso Rumongso Ojo Rumongso Biso

  200. ternyata aku beruntung karena di sekolah aku ada pelajaran bahasa jawa dan sekaligus aku orang jawa :D

  201. Terima Kasih Banget ok

  202. Gopar Sutedjo putra Sawikrama

    Ingkang badhe ginau maca lan Nulis Jawa mangga kula aturi gabung teng grup,http://www.facebook.com/groups/210322645675685
    ꧎ꦀꦶꦼꦄꦼꦑꦺꦋꦐꦶꦁꦀꦸꦏꦂꦉꦁꦕꦸꦉꦶꦇꦠꦈ꧋ꦏꦼꦐꦐꦑꦸꦼ

    ꦏꦺꦈꦻꦁꦚꦷꦼ᯻ꦐꦸꦊꦿ꧋http://www.facebook.com/groups/210322645675685//
    ꦀꦸꦆꦈꦶ꧋http://www.facebook.com/groups/159027967494467/

    ꦏꦆꦸꦽꦁꦷꦏꦥꦾꦁꦸꦈꦸꦁꦿ꧋

  203. sebenrnya yulisan jawa sama kaya tulisan jepang

  204. marur sewu sembah nuwun, nyuwun izin bade dipun copy!

  205. Kepada kangmas Sayogo saya minta diberi tau menulis yang betul, untuk tulisan nama saya sendiri, jadi menulis, slamet pakai huruf jawa itu bagaimana tlg saya minta diberi tau kangmas Sayogo,saya menunggu jawabannya terima kasih. Matur nuwun

  206. matur nuwun , ayo podo bareng” di lestariake ……khususipun inkang sami” supe dumateng jawane

  207. waduh jawabane opo to kui hhihi

  208. Menawi nyerat punapa maca kula taksih saget ananging kepripun menawi ngagem komputer, nyuwun tulung nggih mas …..

  209. Ayo Belajar Nulis Aksoro jowo
    betul???

  210. Hayo nulis aksara jawa

  211. ‘ Hayo belajar nulis aksara jawa ‘
    Jek eleng ª̣̣̥̅ķʊ̈̇…

  212. nyuwun izin bade dipun copy, matur suwun mas :)

  213. akasara yg pasangan gak muncul mas

  214. alhamdulillah ternyata ada pelajaran kayak gni…. di internet lg….

  215. Nice post Mbak. Sangat bermanfaat

  216. MOGGO sinau basa jawa

  217. masih lancar sampai sekarang
    trima kasih

  218. angele puuuoooollll…..

    • saya bersedia untuk menjadi tutornya saya bisa dan yakins ekali untuk mengajar. saya bisa dengan baik dan lihai menulis aksara jawa dengan mata tertutup dan hasilnya sangat baik. kalo berkenan bisa di balas lewat email saya. saya seorang mahasiswi akuntansi di brawijaya, namun saya dari jawea tengah. terima kasih.

      ________________________________

  219. ayo belajar nulis aksara jawa

  220. HAYIO BELAJAR NULIS AKSARA JAWA

  221. HAYO BELAJAR NULIS AKSARA JAWA

  222. Aku setuju lan mbener ake yen tulisan ing nduwur kuwi yen diwoco;
    ” Hayo Belajar nulis Aksoro Jowo “

  223. gimana kalo cuma n??

  224. ayo belajar nulis aksara jawa

  225. trims bgt,cukup membantu !!!!!!!!!

  226. Sipz..
    masak orang jawa pada gak tau jawa..
    sok dadi londho..hahaha
    padahal ni pusat bahasa jawa itu di belanda..
    opo gak salah kita belajar bahasa sendiri kudu dolan rono..
    lagian di sekolah gak ada belajar bahasa masalahnya gurunya gak bisa bahasa jawa..hahaha

    moga hurufnya gak bisa di tulis di hp biar gak mati kita saja gak tau apa lagi anak kita mesakne..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s