I will use google before asking the dumb question !

Pernah gak dengar orang yang menyampaikan pendapatnya berapi-api tetapi tanpa mempunyai dasar yang jelas? Ato mungkin suatu pernyataan yang sebenarnya dia gak paham-paham betul tetapi diucapkan dengan begitu indah sehingga banyak orang yang mempercayainya? Ato sebuah komentar atas thread ato artikel yang malah membikin perdebatan karena tidak pada tempatnya.
Ato jangan-jangan sering berbicara demikian ..?๐Ÿ™‚
Jangan takut.. aku sering banget.๐Ÿ™‚ Lho kok ?
Lha iya .. Pertama, karena cuma dengan bicara aku bisa mendengar pendapatku sendiri. Kedua, sedang bete cuma pengen ngomong aja. Ketiga, sekedar sharing ama temen deket, Keempat, .. lho kok banyak .. ya iyalah kan pembelaan diri hehehe ..๐Ÿ˜€

Suatu pernyataan yang diungkapkan di depan publik dan pendengar ato pembaca yang beragam, seperti di blog ato forum, sebaiknya telah melalui pemikiran yang matang. Minimal sudah di sharing ama temen deket ato dipikirkan efeknya. Meskipun ada tindakan lain yang bisa mengikuti seperti ralat ato permohonan maaf, umumnya pendapat tersebut masih akan menjadi perbincangan yang lama. Dan membutuhkan waktu yang lama untuk kembali mendapat kepercayaan jika sudah terlanjur berpendapat tetapi salah kurang tepat.

Tentu bukan hanya pernyataan ato pendapat yang memerlukan dasar, tetapi juga sebuah pertanyaan. Sebagai contoh, sebuah pertanyaan –dimana bisa mendapatkan obat perangsang– dalam suatu forum xxx pun langsung mendapat sambutan yang meriah. Meriah bukan karena banyak yang memberikan jawaban tetapi banyaknya makian dan hukuman (berupa red reputation) atas anggota forum tersebut. Bayangkan suatu forum yang notabene berkisar seks tetapi pertanyaan yang juga berkisar seks bisa menimbulkan gejolak yang demikian heboh. Apalagi jika pertanyaan itu diajukan dalam forum umum ato bahkan forum keagamaan .. bisa jadi kutukan bahkan santet langsung dikirim.

Lha trus apa musti jago dulu baru bicara dan bertanya ?

Ya enggak gitu maksudnya. Tapi jika pernyataan ato pertanyaan itu dilakukan dalam suatu forum yang tidak ada batasan waktu berbicara seperti forum diskusi di internet tentu lebih baik jika setiap omongan yang serius didukung fakta. Cari tau dengan jarimu … bisa di wikipedia, blog walking, ato googling*). Emang agak repot.. tapi menunjukkan bahwa kita serius dan bukan pepesan kosong.

google
Gambar di atas aku temukan juga lewat googling, setelah membaca suatu thread dimana di tanyakan “Apakah DJP masih perlu ?” dan salah satu komentar di dalamnya menyebutkan lebih baik langsung membayar pajak untuk perbaikan jalan dari pada bayar pajak ke pemerintah dahulu. Bukan suatu komentar yang salah sih .. meski menurutku kurang dewasa saja. Jika saja pelaku komentar tadi cuma sekedar iseng dan hanya ingin membuat thread tadi booming dengan comment alias orgasme komentar tentu tak jadi soal. Tapi melihat dari caranya mengemukakan pendapat dan track recordnya dalam berpendapat di forum tersebut, membuktikan bahwa kemampuan riset dan keterbukaannya atas informasi masih sangat kurang. Bukan semata-mata karena aku orang pajak maka aku berbicara begini, tapi mungkin lebih bisa dipikirkan kenapa pajak harus ada, apa dasar suatu pajak, filosofinya, dll. Jika itu dilakukan tentu hal-hal semacam “dumb question” tadi tidak akan dilontarkan.

Aku pribadi sangat menyadari bahwa DJP dimana aku bekerja masih jauh dari sempurna. Tidak bisa memuaskan banyak harapan yang diinginkan banyak orang. Tapi jika ditanyakan apakah masih perlu, tentu jawabannya masih perlu. Maka bagiku ini termasuk “dumb question” dan bukan suatu pertanyaan retoris.

Salah satu keuntungan dari “menggunakan jari” tadi adalah kemampuan untuk memahami pola pikir lawan bicara kita. Suatu diskusi yang baik akan tercipta dimana masing-masing pihak dapat memahami dasar pemikiran pihak yang lain. Dan berusaha membawa menuju pada pemikiran bersama yang berujung pada keadaan yang lebih baik. Begitu lah menurutku …

@nova
do not judge. be communicative !

*) Googling : suatu tehnik mencari (search) tahu tentang sesuatu hal lewat internet. Karena sebagian besar orang di dunia menggunakan situs google untuk mencari, maka biasa disebut googling.

2 responses to “I will use google before asking the dumb question !

  1. pertamax….!
    hehehe….

    hhmmmm…. gimana ya…?
    mau komentar pendek, nanti dibilang termasuk kelompok orgasme komentar.
    mau komentar panjang atau bertanya lebih lanjut, tapi belum sempat googling semua yang mau diketik, nanti dibilang termasuk kategori ‘dumb question’….

    kalo gitu…., ya itu aja deh… komentar sekaligus kritik dan juga kebingungan (termasuk pertanyaan gak tuh…?)

    hehehe….
    peace bro….

    # setuju ajalah๐Ÿ™‚

  2. Ping-balik: Orang yang Lahir Pahing Cenderung Gampang Menangis, Sekilas Horoskop Jawa « perjalanan @nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s