Monthly Archives: April 2008

Cewek Untouchable vs Cowok Bego

“Sebenernya aku dulu sempet seneng sama kamu lho”

Berapa kali kamu pernah mengucapkan kalimat itu ato berapa kali kalimat itu pernah diucapkan kepadamu?

Pertama kali kalimat itu aku dengar dalam obrolan malam ketika aku “nembak” seorang cewek untuk jadi pacarku. Saat itu dia menanyakan kenapa baru sekarang aku menembaknya, kenapa tidak dulu-dulu. Aku hanya tersenyum. Bukan hal yang nyaman bagiku untuk dibicarakan saat dua hati (baru saja) memutuskan untuk berpacaran. Dia juga menambahkan bahwa dia suka sama aku sejak dulu, sejak 10 tahun yang lampau.

Aneh juga ya.. saat dia suka aku dulu, aku masih pacaran dengan orang lain dan dia juga berpacaran dengan orang lain. Itu sebuah kalimat hiburan pelipur lara ato penegasan ato sekedar buah bibir. Entah.. (meski kelak di kemudian hari dia bersumpah bahwa emang dia suka aku sejak dulu itu).

Kalimat yang sama kembali aku dengar ketika ada reuni dengan beberapa teman masa kecil dulu. Salah seorang teman, cewek, menceritakan bahwa dulu dia sempat suka dengan aku. Lengkap dengan proses kenapa suka, apa yang dilakukan untuk menunjukkan dia suka, respon aku saat itu, dan lain-lainnya. Saat mendengar itu aku hanya tersenyum dan berkata “jangan menggodaku.. nanti aku jadi belagu”. Dan dia menambahkan “Itulah masa lalu.. jika saat itu kamu tau aku suka kamu, apa kita akan pacaran?” Kita tertawa bersama.. tanpa jawaban.

Ketiga.. keempat.. cuma jadi bahan candaan.. bagiku cuma sekedar ungkapan “untung aku gak jadian ama kamu Dit.. kalo iya wah kasian diriku.. lihat sekarang aku dah hidup berbahagia dengan pangeranku.” (Minder always.. MODE ON)

Bener gak sih.. dulu mereka suka aku? Halah.. ngarep ae kon iku.

Dalam obrolan yang lain, seorang temen berkata bahwa si A yang merupakan kembang di sekolah dulu sempet bernasib malang. Selalu pacaran dengan cowok yang brengsek.

Aku : Mosok sih?

# Lha, iya.. dari mulai pemabuk, berandalan, pecandu, bahkan ada yang sempet maen dukun sehingga hampir gila si A dibuatnya.

Aku : Busyet.. sebegitukah.. dia kan cantik, putih, pandai, kaya, terkenal, apa sih susahnya cari cowok yang bener?

# Itu lah Dit.. kami berdua tuh udah sobatan sejak kecil.. kami deket banget.. dan terkadang kami suka bingung juga kok yang deketin kita cowok yang nakal-nakal terus. Orang-orang kayak kamu kayaknya gak nganggep kita. Emang kita gak layak ya buat kalian.

Aku : (Lho.. antara musti bangga dipuji ato berjaga karena di sindir) Eh, ya bukan gitu tapi dengan banyaknya temen kalian ya kita.. eh aku pikir aku yang gak pantas buat kalian.

# Ya itu lah begonya dirimu. Hehehehe …

Aku : Hehehe.. (antara bego dan mengasihani diri)

Bener gak sih cewek secantik itu, banyangin aja ya.. putih (saking putihnya kalo minum kopi keliatan), hidung mancung, mata besar, rambut ikal kemerahan, pinter (mewakili sekolah kalo lomba-lomba), kuaya ruaya (bokapnya salah satu donatur sekolah), dan terkenal (pengurus OSIS, UKS, PKS, Pramuka), kok susah cari cowok yang baek-baek?

Maaf aku gak bisa jawab karena aku bukan cewek. Tapi pengalamanku sebagai cowok bego mengajarkan hal-hal ini yang menyebabkan cowok gak berani mendekati cewek cantik.

  1. Minder, memang berpengaruh besar dalam hal ini. Karena minder (bukan sombong ya) maka selama tiga taon bersekolah aku gak pernah ngobrol sama si cantik tadi. Sampai dengan tulisan ini dibuat juga gak pernah ngobrol. Cuma email 2 kali itu pun karena ngomongin reuni (yang tidak bisa dia hadiri). ūüė¶
  2. Takut gagal; Perasaan takut gagal membuat cowok tidak berani mengambil resiko mendekat. Bisa dibayangkan jika setiap orang men-cap kita sebagai orang yang tidak tau diri karena berani menganggap kita pantas berpacaran dengan si cantik.
  3. Gak level; bahwa dia cantik, aku jelek. Dia kaya, aku miskin, dia pengurus, aku anggota, dan sebagainya. Penggolong-golongan ini sudah menyumbat keinginan untuk mendekat.
  4. Pikiran negatif; bahwa yang cewek cantik pasti suka dugem, ato pacarnya banyak; cewek aktif akan menindas “suami”; cewek kaya itu materialistis; dan sebangsanya.
  5. Ajaran agama kuat; disebutkan bahwa jodoh di tangan Tuhan; jodoh sudah ada yang mengatur; ato jika jodoh tidak akan kemana.

Jika cowok dah punya pikiran-pikiran seperti itu maka dia gak akan mendekati si cantik. Ato jika melirik ya cuma sekilas.. sekedar bisa melukis wajahnya dalam mimpi. Kacian dech loe ..

Tapi jangan khawatir, itu tidak dilakukan oleh semua cowok kok. Masih ada dan masih banyak cowok baek yang berpikiran jernih dan berakal sehat berikut penyaringan tiga kali. Terlebih lagi dengan semakin banyak informasi dan program pengembangan kepribadian maka cowok semakin matang, semakin percaya diri, semakin berotak, dan semakin punya semangat juang untuk memilih cewek yang diidam-idamkannya.

Bagi cewek.. juga jangan minder. Kejar juga cowok yang kamu suka. Jangan sampai suatu ketika saat reuni, seorang cowok berkata “Sebenernya aku dulu sempet seneng sama kamu lho” dan kamu cuma bisa tersenyum membego-begokan diri persis seperti yang aku alami.

appleGambar disamping sebagai ungkapan kagum pada beberapa temen cewek yang berani bilang bahwa cowok jakarta sini bego-bego karena tidak melihat cewek keren di depannya, cuma berani SMS ato chat, dan malah minder ketika ketemuan.

Tulisan ini juga sebagai ucapan terimakasih atas tanggapan untuk komentar dalam tulisan Chika.

Btw, cewek yang aku tembak dengan menyingkirkan semua pikiran negatif dan perasaan minder itu sekarang telah memberiku dua anak yang ganteng, dan ketiganya sedang tidur ketika aku menulis ini.

Iklan

Bubarkan KPK .. mudah kok.

Seorang pakar telematika terkemuka di Indonesia yang namanya gak boleh disebut pernah menyinggung kalo blogger itu seorang pembohong. Buktinya adalah bahwa kebanyakan blogger itu adalah pekerja kantoran dan menggunakan waktu bekerjanya di kantor untuk nge-blog. Hal yang berarti menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi yang berarti juga korupsi waktu. Wuih hebat juga ya sekarang jago ngomongin korupsi. Emang korupsi ada metadatanya ? halah .. :p

Jadi blogger seorang koruptor ?
Wah bisa ditangkap KPK duoong .. takuuut…

Dari pada ngomongin si kangmas mending kita ngomongin KPK yuuuk, ada yang tau apa itu KPK anak-anak …?

“KPK itu lembaga ekstra ordinary bukan superbody, … dengan misi yaitu mengembalikan uang negara yang dikorupsi,”
Agung Laksono

Bagus, jawaban ditampung… ada yang lain anak-anak ?

“KPK ini sudah terlalu superbody,… kalau perlu dibubarkan‚ÄĚ
Ahmad Fauzi

Bagus anak-anak… yang harus kalian kedepankan adalah bahwa yang namanya pendapat ya gak ada yang salah. Jadi harus mendapat apresiasi. tepuk tangan anak-anak ….

Nah sekarang kita akan coba bahas apa itu KPK.



Dibentuk berdasarkan Undang-Undang No.30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Komisi Pemberantasan Korupsi mempunyai tugas:
1. koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi;
2. supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi;
3. melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi;
4. melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi; dan
5. melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Dalam melaksanakan tugas koordinasi, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang :
1. mengkoordinasikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi;
2. menetapkan sistem pelaporan dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi;
3. meminta informasi tentang kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi kepada instansi yang terkait;
4. melaksanakan dengar pendapat atau pertemuan dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi; dan
5. meminta laporan instansi terkait mengenai pencegahan tindak pidana korupsi.

Dari tugas dan wewenang di atas, siapa yang akan memutuskan perkara jika diajukan ke pengadilan?

Hakiiiiiim , sebagai Yudikatif.

Betul sekali dan ini menegaskan bahwa KPK tidak mengambil alih fungsi Yudikatif.
Nah anak-anak ada yang tau siapa membikin Undang-Undang ?

Saya .. saya.. berdasarkan Pasal 20 UUD 1945 :
(1) Dewan Perwakilan Rakyat memegang kekuasaan membentuk undang-undang.
(4) Presiden mengesahkan rancangan undang-undang yang telah disetujui bersama untuk menjadi undang-undang.

Pinter. Disini saya mo bilang kalo KPK gak bisa bikin UU yang berarti KPK tidak melakukan fungsi Legislatif. DPR dan Presiden yang bekerjasama sehingga bisa lahir sebuah undang-undang.

Berarti kalo ada ketua dan anggota dewan yang tidak tau isi undang-undang yang dibikinnya disebut … ?

***** (sensor)

Oke deh, gak berani ngomong gak papa..

Berarti sekarang kita paham bahwa KPK bukan lembaga superbody.. dan yang bilang begitu adalah goblog kurang membaca ūüôā .

Sekarang apa sih korupsi itu ?

Menurut perspektif hukum, definisi korupsi secara gamblang telah dijelaskan dalam 13 buah pasal dalam UU No.31 Tahun 1999 jo. UU No.20 Tahun 2001. Berdasarkan pasal-pasal tersebut, korupsi dirumuskan dalam tiga puluh bentuk/jenis tindak pidana korupsi. Pasal-pasal tersebut menerangkan secara terperinci mengenai perbuatan yang bisa dikenakan pidana penjara karena korupsi.
Yaitu :

  1. Melawan hukum untuk memperkaya diri dan dapat merugikan keuangan negara;
  2. Menyalahgunakan kewenangan untuk menguntungkan diri sendiri dan dapat merugikan keuangan negara;
  3. Menyuap pegawai negeri (ada 2 bentuk/jenis);
  4. Memberi hadiah kepada pegawai negeri karena jabatannya;
  5. Pegawai negeri menerima suap (ada 3 bentuk/jenis);
  6. Pegawai negeri menerima hadiah yang berhubungan dengan jabatannya;
  7. Menyuap hakim;
  8. Menyuap advokat;
  9. Hakim dan advokat menerima suap;
  10. Hakim menerima suap;
  11. Advokat menerima suap;
  12. Pegawai negeri menggelapkan uang atau membiarkan penggelapan;
  13. Pegawai negeri memalsukan buku untuk pemeriksaan administrasi;
  14. Pegawai negeri merusakkan bukti;
  15. Pegawai negeri membiarkan orang lain merusakkan bukti (ada 2 bentuk/jenis);
  16. Pegawai negeri membantu orang lain merusakkan bukti;
  17. Pegawai negeri memeras;
  18. Pegawai negeri memeras pegawai negeri lain;
  19. Pemborong berbuat curang;
  20. Pengawas proyek membiarkan perbuatan curang;
  21. Rekanan TNI/Polri berbuat curang;
  22. Pengawas rekanan TNI/Polri membiarkan perbuatan curang;
  23. Penerima barang TNI/Polri membiarkan perbuatan curang;
  24. Pegawai negeri menyerobot tanah negara sehingga merugikan orang lain;
  25. Pegawai negeri turut serta dalam pengadaan yang diurusnya;
  26. Pegawai negeri menerima gratifikasi dan tidak lapor KPK.

Banyak kan.. coba hitung berapa yang sudah kalian langgar.

ūüėÜ (malu)

Lho kok ada yang mencatat. Ini saya bagi Buku Saku Korupsi dari KPK, kalo kurang ambil sendiri di situs KPK. Oke, sebelum waktu habis. Siapa yang mau ikut memberantas korupsi ?

Sayaaaaa …

Lho kenapa pula kita ikut membantu.. toh dah ada KPK.. ngapain ???

KPK hanyalah sebatang lilin kecil yang tidak mungkin mampu menerangi ‚ÄĚruangan gelap yang besar‚ÄĚ bernama Indonesia dari praktik korupsi yang sedang menggerogoti tubuh Indonesia. Perlu lilin lain yang ikut dinyalakan bersama-sama dalam memberantas korupsi. Namun, ternyata lilin lain tidak kunjung dinyalakan.
Taufiequrachman Ruki

Betul kata pak Taufik, teman-teman. KPK perlu didukung. Sebab korupsi yang sudah mengurat di tubuh ibu pertiwi perlu dibasmi. Dan ini perlu tidak bisa kalo cuma KPK sendiri. Ingat.. jika KPK berjalan sendiri maka akan terjadi monopoli dalam usaha pemberantasan korupsi. Dan jika terjadi monopoli maka KPK akan dapat dituntut ke Komite Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan dibubarkan.

Mudah bukan membubarkan KPK ?!

Teori Chaos Api Olimpiade

Selamat merayakan hari Kartini buat perempuan-perempuan Indonesia.

Sore tadi (21/4), di gerbong KRL Ekspress Sudirman menuju Serpong, semua perempuan di gerbong yang aku naikin tidak ada yang berdiri, semuanya mendapat tempat duduk. Himbauan pihak PJKA (ato PJKRL ya..) agar para perempuan diberikan keistimewaan untuk bisa mendapatkan tempat duduk disambut positif para penumpang. Suatu hak istimewa pada hari Kartini telah diberikan, yang menurutku sih malah berlawanan dengan semangat emansipasi. ūüôā

Obor Olimpiade Beijing 2008Di dalam KRL aku membaca harian sore Sinar Harapan dan¬†pada halaman dalam terdapat sebuah artikel, besarnya seperempat halaman berwarna, yang menghimbau dan mengingatkan kita bahwa “kita wajib” untuk menjaga nyala Api Obor Olimpiade yang akan di arak di Indonesia. Kata-kata “wajib” di ulang-ulang dan masih dibumbui alasan kenapa Api Obor Olimpiade itu wajib dijaga. Tidak ada¬†nama orang yang bertanggung jawab atas himbauan tersebut, entah pihak panitia di Jakarta ato Panitia Olimpiade Beijing 2008, cuma ada lambang kecil Olimpiade Beijing 2008 di kanan¬†atas artikel.

Suatu kejadian penembakan yang berada jauh di daerah pegunungan Himalaya sana ternyata berakibat pada kewajiban penduduk Jakarta untuk menjaga nyala api dan akan menyebabkan kemacetan kendaraan di jalanan Jakarta pada Selasa sore (21/04) ini. Dalam kisah perangkap tikus, diceritakan bahwa suatu kejadian yang tidak berhubungan dengan kita secara langsung mungkin saja tiba-tiba akan menjadi persoalan kita. Dalam contoh ekstrim bisa dijelaskan tentang kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil yang menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian, ato lebih dikenal dengan Butterfly Effect (Efek Kupu-kupu).

Butterfly Effect (Efek Kupu-kupu) ditemukan oleh Profesor Edward Norton Lorenz. Lorenz adalah seorang meteoroligist yang meneliti masalah prakiraan cuaca. Lorenz mengoperasikan 12 persamaan diferensial non-linear dengan komputer untuk melihat perilaku cuaca. Dalam melihat deret tertentu dari hasil perhitungan pada awalnya dia mencetak hasil perhitungannya di atas sehelai kertas dengan format enam angka di belakang koma. Kemudian untuk menghemat waktu, ia mengambil satu bilangan dari hasil print-out kemudian memasukan kondisi awal (initial condition) ke dalam persamaan dengan hanya menggunakan tiga digit dibelakang koma.  Ia pikir, dengan memasukan tiga digit, hasil yang diperolehnya takkan jauh berbeda, namun ia salah. Dari hasil iterasi, perbedaan digit keempat dan seterusnya menghasilkan percabangan-percabangan yang meberikan hasil yang sangat berbeda dengan perhitungan sebelumnya. Hanya sedikit perubahan pada kondisi awal, dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang. Jika suatu sistem dimulai dengan kondisi awal dua maka hasil akhir dari sistem yang sama akan jauh berbeda jika dimulai dengan 2,000001 di mana 0,000001 sangat kecil sekali dan wajar untuk diabaikan. Hal ini menunjukan bagaimana kondisi awal sangat berpengaruh pada hasil akhir.  Fenomena ini, akhirnya melahirkan teori chaos.

Teori Chaos adalah teori yang berkenaan dengan sistem yang tidak teratur seperti awan, pohon, garis pantai, ombak dll : random, tidak teratur dan anarkis. Namun bila dilakukan pembagian (fraksi) atas bagian-bagian yang kecil, maka sistem yang besar yang tidak teratur ini didapati sebagai pengulangan dari bagian-bagian yang teratur. Secara statistik: Chaos adalah kelakuan stokastik dari sistem yang deterministik. Sistem yang deterministik (sederhana, satu solusi) bila ditumpuk-tumpuk akan menjadi sistem yang stokastik (rumit, solusi banyak). Sebagaimana teori-teori matematika lainnya, teori chaos juga mencari pola, dalam hal ini mencari pola dari data acak.

Pertama kali aku mendengar teori Chaos adalah ketika membaca novel Michael Chrichton yang berjudul Jurassic Park. Di situ disebutkan bahwa manusia tidak akan dapat mengendalikan segala sesuatunya. Bahwa kestabilan suatu sistem mempunyai potensi untuk menimbulkan kekacauan. Pengarang novel ini nampaknya begitu terobsesi pada teori ini sehingga pada beberapa novelnya kemudian masih juga mengangkat teori ini. Jujur aku juga terobsesi, terlebih lagi bila dihubungkan dengan sikap manusia yang demikian komplek kok bisa tidak terjadi kekacauan yang mengarah ke perang ato bagaimana dengan keadaan alam yang penuh bencana tetapi bumi masih tetap utuh seperti ini. Harusnya dengan kekacauan yang ada dunia sudah kiamat, bukan begitu ?!

Logo Olimpiade Beijing 2008Kembali ke laptop.. eh ke Api Obor Olimpiade tadi. Tidak dapat dipungkiri bahwa himbauan dan artikel kewajiban di atas berkaitan dengan telah adanya gangguan sepanjang perjalanan Api Obor Olimpiade Beijing 2008 di Eropa dan Amerika Serikat dari para pemprotes atas sikap penguasa China di Tibet dan rekor hak asasi manusia mereka. China dan Tibet berantem dan kita kena getah wajib menjaga nyala Api Obor Perdamaian, api yang¬†diharapkan dapat “spread the ideas of peace, friendship and harmony” (Jiang Xiaoyu, BOCOG – Beijing Organizing Committee for the 2008 Games). Jadi sudah boleh kah kita tidak peduli pada kejadian di Tibet jika akhirnya kita ternyata kena imbas dalam pelaksanaan pawai Api Obor Olimpiade Beijing 2008 ?

Dengan kata lain, tindakan dan perhatian kita sekecil apa pun akan berakibat kejadian besar di dunia. Nah, para pemirsa pembaca yang berbahagia. Hari ini kita telah diingatkan dengan perjuangan seorang Kartini, hanya dengan menulis surat, suatu tindakan kecil interaksi personal, namun mampu membuat perubahan besar bagi perempuan-perempuan Indonesia. Berikan perhatian kecil pada Tibet, pada Api Olimpiade, pada perempuan di kereta, pada orang di sekitar kita, dan kita akan menciptakan topan. We will make a typhoon !¬†(musik You Raise Me Up, sebagai soundtrack mengalir pelan.¬† halah .. ūüėÄ )

it has been said that something as small as the flutter of a butterfly’s wing can ultimately cause a typhoon halfway around the world .. [chaos theory]

In memoriam Profesor Edward Norton Lorenz, 23 Mei 1917 ‚Äď 16 April 2008.

Jeruk kok makan jeruk

dada 

Gambar apakah di atas?

Terkadang pikiran kita lebih duluan mengambil keputusan dari pada realita yang sebenarnya. Di atas adalah gambar buku terbuka. Sungguh beruntung yang langsung bisa menebaknya, Anda masih suci. Tetapi perlu perhatian bagi yang menebak salah, wah bisa jadi kita sepaham ūüėÄ

Sebuah gambar memang bisa membelokkan persepsi seseorang atas suatu peristiwa. Sebuah gambar bisa mengandung sejuta makna. Bahkan bisa lebih bercerita dibandingkan beralinea kalimat yang terkadang malah berputar-putar tanpa jelas maksud kalimat itu. Dengan kalimat bertele-tele dan berbusa-busa pesan yang disampaikan bisa jadi lewat begitu saja. Ya semacam alinea ini.

Jika sebuah gambar bisa mengandung sejuta arti, bagaimana dengan sepenggal adegan. Misalnya adegan di sini. Banyak juga iklan-iklan yang membiarkan imajinasi pendengarnya ato pemirsanya ato penontonnya berkelana terlebih dahulu sebelum menyampaikan maksud dari iklan tersebut. Iklan-iklan rokok sudah dilarang untuk menampilkan adegan orang merokok dan juga gambar dari produk rokok itu sendiri, sehingga bagian iklannya menyiasati dengan menggantinya dengan iklan-iklan penuh kedamaian, kebahagiaan, kesuksesan, ato kejantanan untuk menampilkan citra produknya.

Dan bagaimana dengan kata-kata ?¬†Susunan huruf tentu bisa diartikan bermacam-macam tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat. Susunan huruf yang membentuk kata “pisang” tidak ada artinya bagi masyarakat inggris yang tidak memahami bahasa indonesia. Jika pun ada yang mencarinya di kamus, paling banter diartikan sebagai “banana”, tidak lebih. Namun bagi pergaulan di dunia malam di Indonesia (ato Jakarta deh), dalam kontek seksualitas, kata “pisang” bisa diartikan sebagai kemaluan pria. Gejala bahasa ini yang biasa disebut kiasan, terutama di komunitas orang Jawa begitu diagungkan. Ngono yo ngono ning ojo ngono, memang begitu tetapi ya jangan begitu. Suatu cara untuk bertindak ato berbicara secara halus, daripada mengatakan yang sebenarnya. Menjadi sensor dari moral masyarakat secara umum diterapkan. Tidak mengherankan kita lebih mengenal kata “tuna¬†wicara” dari pada “bisu”, “penyesuaian harga minyak” dari pada “kenaikan harga minyak”, “tulalit” untuk “goblog” dan sebagainya.

Dewi Persik bermasalah dengan Dada.

Dewi PersikTelah disebutkan bahwa sebuah kata bisa berarti banyak, bisa mempunyai konotasi yang beragam. Bagaimana dengan kalimat di atas ? Bagi yang belum tau tentang Dewi Persik silakan cari di wikipedia dulu. Dewi Persik adalah penyanyi dangdut. Musik dangdut sendiri merupakan jenis musik yang lebih enak dinikmati sambil bergoyang. Dewi Persik bisa bergoyang, goyangannya yahud, sehingga banyak digemari orang.  Definisi goyang sendiri adalah gerakan pinggul. Umumnya ke kanan dan ke kiri, meski sekarang sudah banyak variasinya ke depan, ke belakang, berputar, patah-patah, bahkan naik turun.  Jika tubuh bergoyang maka semua bagian tubuh yang lain pun ikut bergerak. Gerakan goyang yang bagus dapat terlihat jika setiap bagian tubuh bergerak serasi dan seirama dengan musiknya.

Saking seringnya Dewi Persik tampik bergoyang, banyak yang ingin memilikinya. Saking seringnya melihat Dewi Persik berdendang banyak yang merasa menjadi bagian dari dirinya. Bahkan kisah yang terbaru adalah peristiwa di pegangnya buah dada sang dewi ini oleh penggemarnya. Yang langsung disambut pukulan terarah penuh amarah ke dagu si pemegang dada.¬†Dada sang dewi tentu bukan milik semua orang. Hanya suami¬†sang dewi¬†yang “boleh” memegang dada tadi. Tentu saja kemarahan sang dewi beralasan. Kita pun mungkin akan melakukan hal yang sama bahkan lebih.

Lho kok ngomongin dada sih Dit ? Gak sopan deh …

Oke deh, maaf. Mulai alinea ini kata “d***” diganti “kulit depan yang melindungi jantung”. Setuju ?

Gitu dong. Gak sopan .. gak pantes .. apalagi tanpa gambar ūüėÄ … halah ūüėÄ

Kata “dada” ..ups .. “d***”¬† eh “kulit depan yang melindungi jantung” bagi sebagian orang kurang sopan di dengar. Bagi kalangan kedokteran mungkin biasa. Bagi perenang yang menggunakan gaya d*** eh .. gaya “kulit depan yang melindungi jantung” tentu biasa diucapkan, tanpa menimbulkan konotasi negatif yang mengarah ke seksualitas, yang berujung pada pikiran kotor sebagai sumber dosa. Seharusnya suatu kata tidak dijadikan sebagai alasan kita untuk mulai berpikiran kotor. Seharusnya pikiran kotor itulah yang harus dimusnahkan. Janganlah kita menyalahkan sebuah kata untuk sesuatu yang ada di pikiran kita. Masak kata “dada” harus menjadi “d***” hanya karena pikiran¬†kita yang kotor.

Lho kok jadi begini ?

Ya iyalah. Sebuah kata menjadi¬†punya arti,¬†jika berada dalam sebuah kalimat, ato jika kita imaginasikan berupa benda ato adegan dalam pikiran kita. Kata “dada” tidak lah harus menjadi najis, jika tidak dirangkai dengan maksud untuk membuat najis. Kalo alasannya soal moral, ini menjadi sangat susah. Jangan kemudian kata dada menjadi terlarang. Sama seperti yang ada pada gerakan penyanyi dangdut, jika bergoyang ya jangan dikonotasikan sebagai gerakan orang bersetubuh. Itu sudah mengkonotasikan gerakan tadi menjadi sebagai apa yang ada dalam pikiran kita. Jika pikiran kita jorok ya gerakan itu membirahikan kita, dan jika pikiran kita bagus ya gerakan tadi sekedar gerak tubuh menyemangat musik dangdut.

Dan kenapa sekarang banyak hal yang tidak berkonotasi negatif alias wajar menjadi terlarang, hanya karena kita ingin agar pikiran jorok kita tidak terbaca? Masalah moral telah menjadi urusan kriminal.

Oh ya, kalimat di atas yang berhuruf tebal adalah¬†tidak berhubungan dengan kasus dada Dewi Persik yang dipegang tadi. Tetapi, jika goyang dangdut menjadi terlarang, ubah juga namamu menjadi “kulit depan pelindung jantung” rosada.¬†Karena setiap namamu di sebut orang juga sudah berkonotasi jorok. Itu kaitannya. Jika tidak … kok malah maling teriak maling mirip jeruk makan jeruk ya ..

Ciri seorang sahabat adakah padamu

friendship

Berbicara tentang sahabat merupakan siksaan tersendiri buat aku. Hai ini didasari kenyataan bahwa terkadang orang yang kita anggap sahabat justru hanya menganggap kita sekedar sebagai teman biasa. Seorang teman, sebut saja namanya Acong, pernah mengeluh bahwa temennya, kita sebut saja¬†Yank (dari kata Yankie karena ke barat-baratan ūüôā ) selalu mengeluh tentang segala hal kepadanya. Hampir pecah kepalaku mendengar cerita-ceritanya, tambah Acong. Aku kaget sekaget kagetnya. Sebab beberapa waktu yang lalu¬†Yank pernah cerita kalo Acong adalah sahabat terbaiknya yang mampu mendengar segala keluh kesahnya. Yang selalu ada saat¬†Yank membutuhkan. Aku sendiri melihat selama ini emang Cong-Yank sebagai laiknya pasangan yang ideal. Jika kamu menjadi Yank dan tau omongan¬†Cong, apa yang akan kamu bilang?

Di dalam mobil di suatu perjalanan panjang menuju kota tempat lahirku, orang yang selama ini aku anggap sahabat dan (memang) beberapa waktu sempat berbeda kota bercerita tentang kehidupannya. Dia berkata bahwa sahabat-sahabatnya lah yang selama ini selalu mendukung ide-idenya dan membuatnya menjadi orang seperti sekarang ini. Namaku tidak sekali pun disebutnya. Shame on me ..
Cerita di atas masih ditambah dengan kenyataan bahwa suatu ketika orang yang aku anggap “temen biasa” ternyata dengan bangga menyebut diriku “sahabat”-nya. Bergetar aku mendengar hal itu. Suatu ke-malu-an yang sangat besar¬†memukul diriku.

Kenyataan ini menyadarkan bahwa batas antara sebutan “teman” dan “sahabat” begitu tipisnya. Dan bahwa batasan antara “teman” dan¬†“sahabat”¬†ternyata dibuat oleh diri kita aku sendiri. Ini juga menimbulkan pertanyaan baru, bolehkah aku menempatkan kata teman ato sahabat dalam sosok orang yang aku kenal ? Siapa yang memperbolehkan? Jika boleh, kapankah saat itu? Apa syarat seseorang boleh disebut teman ato disebut sahabat ?

What is a friend ? A single soul dwelling in two bodies.
Aristotle

Bahkan kata teman ato sahabat telah menjadi pertanyaan pada¬†dahulu kala. Kata sahabat dalam pembatas buku yang aku punya bertulis : “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seseorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat Nya¬†(Yoh 15:13)” dan “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran (Amsal 17:17)”. Ciri sahabat disini adalah kasih. Jika kasih menjadi ciri seorang sahabat berarti sahabat tidak selalu menjadi orang yang kita kenal. Sedangkan teman pastilah kita kenal. Begitukah ? Ato kita balik pertanyaan kita. Bagaimana kita bisa pantas disebut sahabat ? Ciri apakah yang melekat pada kita sehingga kita bisa disebut sahabat ? Kasih.. bersedia membantu dalam kesukaran.. memahami.. selalu ada.. memberi nasihat yang baik.. jujur.. tidak mengharap balasan .. pasti banyak kriteria yang bisa kita sematkan yang ujung-ujungnya malah membuat kita tidak layak disebut sahabat oleh orang lain.

Bagaimana dengan kriteria yang ini : bisa memahami maksud kita meski kita tidak secara tegas menyatakan maksud kita. Jika kita memegang perut, dia langsung memahami bahwa kita lapar dan mengajak makan. ūüėÄ sahabat yang baik kan .. Ato kriteria yang ini : bisa memberikan lebih dari yang kita harapkan. Jika kita bersedih, dia bisa mendengar keluh kesah kita dan bahkan membuat kita tertawa, melupakan kesedihan kita. Bagaimana kedua¬†kriteria tadi?¬†Bolehkah disebut kriteria sahabat yang baik?

Tentu saja boleh. Dan dengan jujur aku bisa menunjukkan siapa sosok yang pantas dijadikan sahabat jika kedua kriteria tadi kita jadikan patokan. Tau gak maksud kalimat di bawah ini :

Mau tau gak mafia di senayan
Kerjanya tukang buat peraturan
Bikin UUD ujung-ujungnya duit

Emang ada mafia di senayan, siapa mafia di senayan, ada siapa saja di senayan, siapa tukang buat peraturan, serba tidak jelas maksud kalimat di atas. Tetapi “sahabat yang baik” juga mampu mengartikannya secara jelas bahkan lebih.

Bagaimana¬†dengan berita ini tentang pengalihan fungsi hutan lindung menjadi¬†kota. “Sahabat yang baik” tidak hanya mendukung bahkan lebih dari itu juga membuatnya menjadi sebuat hal yang benar sesuai peraturan. Suatu pemberian lebih dari yang diharapkan. Toh tidak sampai memberikan “nyawa” nya, cuma martabatnya.¬† ūüėÄ Sahabat yang baik ada di senayan. Betuuull ?? (Zainuddin MZ : Mode ON)

Bagi aku pribadi seorang sahabat adalah yang mampu berkata “kamu salah” ketika aku melakukan kesalahan dan tidak membiarkannya dengan alasan “tidak enak mengatakannya”. Seorang sahabat bagiku adalah yang mampu membuatku menelan empedu jika memang akan membuatku sembuh. Seorang sahabat bagiku adalah yang tidak selalu mendukung setiap keinginanku¬†tetapi mengingatkanku akan¬†konsekwensi dari keputusanku. Seorang sahabat bagiku adalah Slank dengan lirik lagunya dan KPK dengan tindakannya. Sahabat adalah yang mempedulikan kita.

Oh ya, yang bingung dengan kode di gambar Our Friendship Story di atas ini artinya :

Once upon a time, I was lonely; looking for somebody; who would be like me in everyway; so that we two had something in common to do and say.Then I found you one day and said; “You will be my forever friend”; you made me so happy, you bright end up my life; we got along so well and had lots of fun in our own stride…

And now I just can not imagine what I would have done without you; for you are so wonderful, funny and sweet. You are my dream-come-true; so, dear friend, say you will always be there, to share in my good and bad times and to tell me ‘You care’.

Lihat, aku tidak membiarkanmu bingungkan. Aku peduli. ūüėÄ

Ayo belajar nulis aksara Jawa

Sebagai orang Jawa ya sudah sepantasnya tho, kalo aku juga mempopulerkan cara menulis menggunakan huruf Jawa. Sebab berdasarkan penerawangan yang aku lakukan melalui primbon 6 huruf ternyata aksara Jawa ini telah diusulkan oleh Jason Glavy (orang Jepang) dengan nama Tjarakan ke Unicode, bahkan perusahaan Agfa Monotype juga telah membuat contoh font Javanese. Nah lho ...

So, mosok aku sing orang jowo ora gelem membudayakannya ..
Inggih tho..

Opo tho aksara Jawa itu ?

Aksara jawa berbeda dengan huruf Latin yang kita gunakan sekarang ini untuk menulis. Aksara jawa terdiri dari :

1. Aksara Carakan
Aksara inti yang terdiri dari 20 suku kata ato biasa disebut Dentawiyanjana, yaitu :
ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, nga ;

2. Aksara Pasangan
Bentuk mati (huruf) dari aksara inti, yaitu :
h, n, c, r, k, d, t, s, w, l,
p, dh, j, y, ny, m, g, b, th, ng
;
pasangan

3. Aksara Swara
Biasanya untuk huruf awal penulisan nama kota ato nama
orang yang dihormati yang diawali dengan huruf hidup,
yaitu : A, I, U, E, O

4. Aksara Rekan
Untuk penulisan huruf-huruf yang berasal dari serapan bahasa
asing, yaitu : kh, f, dz, gh, z

5. Aksara Murda
Biasanya untuk huruf awal penulisan nama kota ato nama
orang yang dihormati, yaitu : Na, Ka, Ta, Sa, Pa, Nya, Ga, Ba

6. Aksara Wilangan
Untuk penulisan bilangan dalam bahasa Jawa,
yaitu angka 1 s/d 10 dalam aksara Jawa.

7. Tanda Baca (Sandangan)
Merupakan tanda baca yang biasa digunakan, huruf hidup
serta huruf mati yang biasa dipakai dalam bahasa sehari-hari,
yaitu tanda : koma, titik, awal kamimat, dll
huruf : i, o, u, e.
huruf mati : _r, _ng, _ra, _re, dll

Setelah menguasai aksara-aksara di atas, kita tidak bisa langsung menggunakannya untuk menulis sebagai mana ejaan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab ada beberapa hal yang menjadi perkecualian dan menjadi aturan tambahan.

Tambah pusing ? Gak po po .. wajar .. aku yang wong jowo wae sering salah.

Tadi sempat disebut kalo orang luar udah bikin font aksara jawa untuk bahasa komputer. Tetapi jangan salah, di sini pun dah ada yang jago dan malah juga udah berusaha mendaftarkannya ke Unicode, Budi Teguh Sayoga namanya. Bahkan kangmas Sayoga ini telah membuat bahasa ANSI (bukan Unicode) untuk dibagikan gratis sehingga kita bisa menuliskan aksara Jawa ini di komputer dengan keyboard selayaknya kita mengetik biasa. Penasaran kan ? Silakan masuk ke situsnya kangmas Sayoga. Ato ambil font hanacaraka disini dan ubah file ekstension nya dari PPT menjadi ZIP.

Oh ya, biasanya kalo membaca suatu artikel gak puas kalo belum mencoba. Tulisan di bawah dibuat menggunakan font hanacaraka nya kangmas Sayoga. Coba baca tulisannya dan jawab di kolom komentar ya.

Matur nuwun, pareng.

baca dong
Sumber :
http://hanacaraka.fateback.com/
http://www.omniglot.com/writing/javanese.htm
http://www.geocities.com/jglavy/asian.html
http://www.seasite.niu.edu/Indonesian/jawa/jawa.htm
http://www.joglosemar.co.id/hanacaraka/hanacaraka.html
http://www.christusrex.org/www1/pater/JPN-javanese-huruf.html
http://yulian.firdaus.or.id/2005/04/20/unicode-hanacaraka/
http://id.wikipedia.org/wiki/Hanacaraka

UU ITE dan perangkap tikus

Kisah Perangkap Tikus
Sepasang suami dan istri petani pulang kerumah setelah berbelanja. Ketika mereka membuka barang belanjaan, seekor tikur memperhatikan dengan seksama sambil menggumam “Hmmm… makanan apa lagi yang dibawa mereka dari pasar ??”

Ternyata, salah satu yang dibeli oleh petani ini adalah Perangkap Tikus. Sang tikus kaget bukan kepalang. Ia segera berlari menuju kandang dan berteriak ” Ada Perangkap Tikus di rumah….di rumah sekarang ada perangkap tikus….”

Ia mendatangi ayam dan berteriak ” ada perangkat tikus” Sang Ayam berkata ” Tuan Tikus…, Aku turut bersedih, tapi itu tidak berpengaruh terhadap diriku”

Sang Tikus lalu pergi menemui seekor Kambing sambil berteriak. Sang Kambing pun berkata ” Aku turut ber simpati… tapi tidak ada yang bisa aku lakukan”

Tikus lalu menemui Sapi. Ia mendapat jawaban sama. ” Maafkan aku. Tapi perangkap tikus tidak berbahaya buat aku sama sekali” Ia lalu lari ke hutan dan bertemu Ular. Sang ular berkata, ” Ahhh… Perangkap Tikus yang kecil tidak akan mencelakai aku”

Akhirnya Sang Tikus kembali kerumah dengan pasrah mengetahui kalau ia akan menghadapi bahaya sendiri.

Suatu malam, pemilik rumah terbangun mendengar suara keras perangkap tikusnya berbunyi menandakan telah memakan korban. Ketika melihat perangkap tikusnya, ternyata seekor ular berbisa. Buntut ular yang terperangkap membuat ular semakin ganas dan menyerang istri pemilik rumah. Walaupun sang Suami sempat membunuh ular berbisa tersebut, sang istri tidak sempat diselamatkan.

Sang suami harus membawa istrinya kerumah sakit dan kemudian istrinya sudah boleh pulang namun beberapa hari kemudian istrinya tetap demam. Ia lalu minta dibuatkan sop ceker ayam oleh suaminya. (kita semua tau, sop ceker ayam sangat bermanfaat buat mengurangi demam) Suaminya dengan segera menyembelih ayamnya untuk dimasak cekernya.

Beberapa hari kemudian sakitnya tidak kunjung reda. Seorang teman menyarankan untuk makan hati kambing. Ia lalu menyembelih kambingnya untuk mengambil hatinya. Masih, istrinya tidak sembuh-sembuh dan akhirnya meninggal dunia. Banyak sekali orang datang pada saat pemakaman. Sehingga sang Petani harus menyembelih sapinya untuk memberi makan orang-orang yang melayat.

Dari kejauhan… Sang Tikus menatap dengan penuh kesedihan. Beberapa hari kemudian ia melihat Perangkap Tikus tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Terkadang apa yang tidak berhubungan langsung dengan kehidupan kita mempengaruhi kita juga.

Beberapa waktu yang lalu Rancangan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (RUU ITE) telah di setujui DPR. Dan tinggal menunggu untuk di nomorin dan ditandatangani Presiden sehingga sah disebut UU ITE. Banyak tanggapan atas kemunculan dan disahkan nya UU ITE ini dan salah satu yang (kembali) menonjol adalah perseteruan antara blogger dan seorang “pakar telematika” . Silakan menikmati pergumulan lebih lanjut lewat internet masing-masing karena bukan ini topik yang mo aku omongin.

Apakah UU ITE akan mempengaruhi kehidupan kita?

UU ITE adalah perangkap tikus bagi si tikus. Adalah perlu di dukung jika ingin memberantas tikus yang merugikan. Adalah setuju jika konten porno ato child abuse ato informasi yang rahasia perlu dijaga dan diawasi. Tetapi jangan sampai mengganggu “binatang” yang lain. Yang malah akan membuat keadaan semakin kacau. Kejadian perangkap tikus ini telah terbukti dengan di block nya situs Youtube berkaitan dengan film Fitna yang malah membuat beberapa situs seperti MySpace, Multiply, dan Blogspot sempet tak bisa diakses, meskipun sekarang sudah bisa kembali diakses.

Jadi jangan diam karena ada perangkap tikus yang menurut kita bukan buat kita. Baca UU ITE dan awasi penggunaannya. Sebab di negara tercinta ini tidaklah sulit untuk menuduh seseorang sebagai tikus dan mencari saksi bahwa anda memang bener-bener seekor tikus.