Tag Archives: kpk

FIGHT CORRUPTION!

Pertama, bahas slogan pajak dulu.
“lunasi pajaknya, awasi penggunaannya”

Inilah salah satu guna FIGHT CORRUPTION, yakni penyebaran informasi. Kita sadar bahwa bentuk korupsi keuangan adalah penggunaan uang negara untuk kepentingan pribadi. Uang negara yang mana? Ya sisi penerimaan APBN/APBD, dimana 80% APBN dari pajak.

Pajak dipungut negara. Sapa pemungutnya, ya orang pajak. Sapa penggunanya, ya semua bidang yang menerima sisi pengeluaran dari APBN alias semua lapisan masyarakat. Termasuk juga orang pajak.
Jadi kalo dibilang “ngapain aja kerja orang pajak masak masyarakat disuruh ngawasi” ya sebenernya agak salah tuding.
Orang pajak tugasnya ngumpulin duit, yang make semua departemen/ lembaga/masyarakat.
Jadi bukan orang pajak yang ngawasi penggunaannya.
Itu yang pertama.

Kedua, negara dengan indek korupsi (salah satu yang) tertinggi didunia tapi tanpa ada koruptor yang dipenjara.

Emang sih sekarang dah banyak yang diciduk, semakin banyak yang diadili, juga semakin banyak yang dibongkar. Tapi kok kayaknya tetep banyak korupsi ya. Bikin KTP masih mahal. Bikin perijinan masih perlu duit. Semua masih perlu uang tip, uang terima kasih, UUD, dll. Itu kan bentuk korupsi. Kenapa masih ada?

Read more ..

Bubarkan KPK .. mudah kok.

Seorang pakar telematika terkemuka di Indonesia yang namanya gak boleh disebut pernah menyinggung kalo blogger itu seorang pembohong. Buktinya adalah bahwa kebanyakan blogger itu adalah pekerja kantoran dan menggunakan waktu bekerjanya di kantor untuk nge-blog. Hal yang berarti menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi yang berarti juga korupsi waktu. Wuih hebat juga ya sekarang jago ngomongin korupsi. Emang korupsi ada metadatanya ? halah .. :p

Jadi blogger seorang koruptor ?
Wah bisa ditangkap KPK duoong .. takuuut…

Dari pada ngomongin si kangmas mending kita ngomongin KPK yuuuk, ada yang tau apa itu KPK anak-anak …?

“KPK itu lembaga ekstra ordinary bukan superbody, … dengan misi yaitu mengembalikan uang negara yang dikorupsi,”
Agung Laksono

Bagus, jawaban ditampung… ada yang lain anak-anak ?

“KPK ini sudah terlalu superbody,… kalau perlu dibubarkan”
Ahmad Fauzi

Bagus anak-anak… yang harus kalian kedepankan adalah bahwa yang namanya pendapat ya gak ada yang salah. Jadi harus mendapat apresiasi. tepuk tangan anak-anak ….

Nah sekarang kita akan coba bahas apa itu KPK.



Dibentuk berdasarkan Undang-Undang No.30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Komisi Pemberantasan Korupsi mempunyai tugas:
1. koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi;
2. supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi;
3. melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi;
4. melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi; dan
5. melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Dalam melaksanakan tugas koordinasi, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang :
1. mengkoordinasikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi;
2. menetapkan sistem pelaporan dalam kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi;
3. meminta informasi tentang kegiatan pemberantasan tindak pidana korupsi kepada instansi yang terkait;
4. melaksanakan dengar pendapat atau pertemuan dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi; dan
5. meminta laporan instansi terkait mengenai pencegahan tindak pidana korupsi.

Dari tugas dan wewenang di atas, siapa yang akan memutuskan perkara jika diajukan ke pengadilan?

Hakiiiiiim , sebagai Yudikatif.

Betul sekali dan ini menegaskan bahwa KPK tidak mengambil alih fungsi Yudikatif.
Nah anak-anak ada yang tau siapa membikin Undang-Undang ?

Saya .. saya.. berdasarkan Pasal 20 UUD 1945 :
(1) Dewan Perwakilan Rakyat memegang kekuasaan membentuk undang-undang.
(4) Presiden mengesahkan rancangan undang-undang yang telah disetujui bersama untuk menjadi undang-undang.

Pinter. Disini saya mo bilang kalo KPK gak bisa bikin UU yang berarti KPK tidak melakukan fungsi Legislatif. DPR dan Presiden yang bekerjasama sehingga bisa lahir sebuah undang-undang.

Berarti kalo ada ketua dan anggota dewan yang tidak tau isi undang-undang yang dibikinnya disebut … ?

***** (sensor)

Oke deh, gak berani ngomong gak papa..

Berarti sekarang kita paham bahwa KPK bukan lembaga superbody.. dan yang bilang begitu adalah goblog kurang membaca 🙂 .

Sekarang apa sih korupsi itu ?

Menurut perspektif hukum, definisi korupsi secara gamblang telah dijelaskan dalam 13 buah pasal dalam UU No.31 Tahun 1999 jo. UU No.20 Tahun 2001. Berdasarkan pasal-pasal tersebut, korupsi dirumuskan dalam tiga puluh bentuk/jenis tindak pidana korupsi. Pasal-pasal tersebut menerangkan secara terperinci mengenai perbuatan yang bisa dikenakan pidana penjara karena korupsi.
Yaitu :

  1. Melawan hukum untuk memperkaya diri dan dapat merugikan keuangan negara;
  2. Menyalahgunakan kewenangan untuk menguntungkan diri sendiri dan dapat merugikan keuangan negara;
  3. Menyuap pegawai negeri (ada 2 bentuk/jenis);
  4. Memberi hadiah kepada pegawai negeri karena jabatannya;
  5. Pegawai negeri menerima suap (ada 3 bentuk/jenis);
  6. Pegawai negeri menerima hadiah yang berhubungan dengan jabatannya;
  7. Menyuap hakim;
  8. Menyuap advokat;
  9. Hakim dan advokat menerima suap;
  10. Hakim menerima suap;
  11. Advokat menerima suap;
  12. Pegawai negeri menggelapkan uang atau membiarkan penggelapan;
  13. Pegawai negeri memalsukan buku untuk pemeriksaan administrasi;
  14. Pegawai negeri merusakkan bukti;
  15. Pegawai negeri membiarkan orang lain merusakkan bukti (ada 2 bentuk/jenis);
  16. Pegawai negeri membantu orang lain merusakkan bukti;
  17. Pegawai negeri memeras;
  18. Pegawai negeri memeras pegawai negeri lain;
  19. Pemborong berbuat curang;
  20. Pengawas proyek membiarkan perbuatan curang;
  21. Rekanan TNI/Polri berbuat curang;
  22. Pengawas rekanan TNI/Polri membiarkan perbuatan curang;
  23. Penerima barang TNI/Polri membiarkan perbuatan curang;
  24. Pegawai negeri menyerobot tanah negara sehingga merugikan orang lain;
  25. Pegawai negeri turut serta dalam pengadaan yang diurusnya;
  26. Pegawai negeri menerima gratifikasi dan tidak lapor KPK.

Banyak kan.. coba hitung berapa yang sudah kalian langgar.

😆 (malu)

Lho kok ada yang mencatat. Ini saya bagi Buku Saku Korupsi dari KPK, kalo kurang ambil sendiri di situs KPK. Oke, sebelum waktu habis. Siapa yang mau ikut memberantas korupsi ?

Sayaaaaa …

Lho kenapa pula kita ikut membantu.. toh dah ada KPK.. ngapain ???

KPK hanyalah sebatang lilin kecil yang tidak mungkin mampu menerangi ”ruangan gelap yang besar” bernama Indonesia dari praktik korupsi yang sedang menggerogoti tubuh Indonesia. Perlu lilin lain yang ikut dinyalakan bersama-sama dalam memberantas korupsi. Namun, ternyata lilin lain tidak kunjung dinyalakan.
Taufiequrachman Ruki

Betul kata pak Taufik, teman-teman. KPK perlu didukung. Sebab korupsi yang sudah mengurat di tubuh ibu pertiwi perlu dibasmi. Dan ini perlu tidak bisa kalo cuma KPK sendiri. Ingat.. jika KPK berjalan sendiri maka akan terjadi monopoli dalam usaha pemberantasan korupsi. Dan jika terjadi monopoli maka KPK akan dapat dituntut ke Komite Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan dibubarkan.

Mudah bukan membubarkan KPK ?!

Ciri seorang sahabat adakah padamu

friendship

Berbicara tentang sahabat merupakan siksaan tersendiri buat aku. Hai ini didasari kenyataan bahwa terkadang orang yang kita anggap sahabat justru hanya menganggap kita sekedar sebagai teman biasa. Seorang teman, sebut saja namanya Acong, pernah mengeluh bahwa temennya, kita sebut saja Yank (dari kata Yankie karena ke barat-baratan 🙂 ) selalu mengeluh tentang segala hal kepadanya. Hampir pecah kepalaku mendengar cerita-ceritanya, tambah Acong. Aku kaget sekaget kagetnya. Sebab beberapa waktu yang lalu Yank pernah cerita kalo Acong adalah sahabat terbaiknya yang mampu mendengar segala keluh kesahnya. Yang selalu ada saat Yank membutuhkan. Aku sendiri melihat selama ini emang Cong-Yank sebagai laiknya pasangan yang ideal. Jika kamu menjadi Yank dan tau omongan Cong, apa yang akan kamu bilang?

Di dalam mobil di suatu perjalanan panjang menuju kota tempat lahirku, orang yang selama ini aku anggap sahabat dan (memang) beberapa waktu sempat berbeda kota bercerita tentang kehidupannya. Dia berkata bahwa sahabat-sahabatnya lah yang selama ini selalu mendukung ide-idenya dan membuatnya menjadi orang seperti sekarang ini. Namaku tidak sekali pun disebutnya. Shame on me ..
Cerita di atas masih ditambah dengan kenyataan bahwa suatu ketika orang yang aku anggap “temen biasa” ternyata dengan bangga menyebut diriku “sahabat”-nya. Bergetar aku mendengar hal itu. Suatu ke-malu-an yang sangat besar memukul diriku.

Kenyataan ini menyadarkan bahwa batas antara sebutan “teman” dan “sahabat” begitu tipisnya. Dan bahwa batasan antara “teman” dan “sahabat” ternyata dibuat oleh diri kita aku sendiri. Ini juga menimbulkan pertanyaan baru, bolehkah aku menempatkan kata teman ato sahabat dalam sosok orang yang aku kenal ? Siapa yang memperbolehkan? Jika boleh, kapankah saat itu? Apa syarat seseorang boleh disebut teman ato disebut sahabat ?

What is a friend ? A single soul dwelling in two bodies.
Aristotle

Bahkan kata teman ato sahabat telah menjadi pertanyaan pada dahulu kala. Kata sahabat dalam pembatas buku yang aku punya bertulis : “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seseorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat Nya (Yoh 15:13)” dan “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran (Amsal 17:17)”. Ciri sahabat disini adalah kasih. Jika kasih menjadi ciri seorang sahabat berarti sahabat tidak selalu menjadi orang yang kita kenal. Sedangkan teman pastilah kita kenal. Begitukah ? Ato kita balik pertanyaan kita. Bagaimana kita bisa pantas disebut sahabat ? Ciri apakah yang melekat pada kita sehingga kita bisa disebut sahabat ? Kasih.. bersedia membantu dalam kesukaran.. memahami.. selalu ada.. memberi nasihat yang baik.. jujur.. tidak mengharap balasan .. pasti banyak kriteria yang bisa kita sematkan yang ujung-ujungnya malah membuat kita tidak layak disebut sahabat oleh orang lain.

Bagaimana dengan kriteria yang ini : bisa memahami maksud kita meski kita tidak secara tegas menyatakan maksud kita. Jika kita memegang perut, dia langsung memahami bahwa kita lapar dan mengajak makan. 😀 sahabat yang baik kan .. Ato kriteria yang ini : bisa memberikan lebih dari yang kita harapkan. Jika kita bersedih, dia bisa mendengar keluh kesah kita dan bahkan membuat kita tertawa, melupakan kesedihan kita. Bagaimana kedua kriteria tadi? Bolehkah disebut kriteria sahabat yang baik?

Tentu saja boleh. Dan dengan jujur aku bisa menunjukkan siapa sosok yang pantas dijadikan sahabat jika kedua kriteria tadi kita jadikan patokan. Tau gak maksud kalimat di bawah ini :

Mau tau gak mafia di senayan
Kerjanya tukang buat peraturan
Bikin UUD ujung-ujungnya duit

Emang ada mafia di senayan, siapa mafia di senayan, ada siapa saja di senayan, siapa tukang buat peraturan, serba tidak jelas maksud kalimat di atas. Tetapi “sahabat yang baik” juga mampu mengartikannya secara jelas bahkan lebih.

Bagaimana dengan berita ini tentang pengalihan fungsi hutan lindung menjadi kota. “Sahabat yang baik” tidak hanya mendukung bahkan lebih dari itu juga membuatnya menjadi sebuat hal yang benar sesuai peraturan. Suatu pemberian lebih dari yang diharapkan. Toh tidak sampai memberikan “nyawa” nya, cuma martabatnya.  😀 Sahabat yang baik ada di senayan. Betuuull ?? (Zainuddin MZ : Mode ON)

Bagi aku pribadi seorang sahabat adalah yang mampu berkata “kamu salah” ketika aku melakukan kesalahan dan tidak membiarkannya dengan alasan “tidak enak mengatakannya”. Seorang sahabat bagiku adalah yang mampu membuatku menelan empedu jika memang akan membuatku sembuh. Seorang sahabat bagiku adalah yang tidak selalu mendukung setiap keinginanku tetapi mengingatkanku akan konsekwensi dari keputusanku. Seorang sahabat bagiku adalah Slank dengan lirik lagunya dan KPK dengan tindakannya. Sahabat adalah yang mempedulikan kita.

Oh ya, yang bingung dengan kode di gambar Our Friendship Story di atas ini artinya :

Once upon a time, I was lonely; looking for somebody; who would be like me in everyway; so that we two had something in common to do and say.Then I found you one day and said; “You will be my forever friend”; you made me so happy, you bright end up my life; we got along so well and had lots of fun in our own stride…

And now I just can not imagine what I would have done without you; for you are so wonderful, funny and sweet. You are my dream-come-true; so, dear friend, say you will always be there, to share in my good and bad times and to tell me ‘You care’.

Lihat, aku tidak membiarkanmu bingungkan. Aku peduli. 😀